Kunci Jawaban Post Test PPG 2025 PSE 3 Modul 2: Strategi Adaptif untuk Guru di Era Modern

Rabu 18 Jun 2025, 16:03 WIB
Kunci Jawaban Post Test PPG 2025 PSE 3, simak informasi selengkapnya di sini. (Sumber: Freepik)

Kunci Jawaban Post Test PPG 2025 PSE 3, simak informasi selengkapnya di sini. (Sumber: Freepik)

Soal: Anda adalah guru IPA SD yang ingin mengajarkan konsep daur ulang dan pengelolaan sampah sebagai ee kepada siswa kelas 4. Untuk menerapkan experiential learning. Anda merancang proyek e proyek yang bertujuan untuk mempelajari pengelolaan sampah. Pembuatan karya produk daur ulang sederhana dari sampah. dan presentasi hasil karya yang akan ditampilkan dalam pameran. Anda melibatkan guru prakarya bahasa Indonesia dan BK untuk mendukung berbagai aspek proyek seperti melibatkan orang tua untuk mendukung pengumpulan bahan baku dan mengundangnya hadir di pameran. Namun muncul keluhan dari guru yang merasa khawatir akan ee mengganggu jam pelajarannya. Nah, selain itu juga siswa dan orang tua juga mengeluh karena harus mengumpulkan barang daur ulang dari rumah. Dan orang tua merasa terbebani harus membantu kegiatan ini di tengah kesibukan. Sementara anak-anak dianggap belum mampu mengerjakan tugas ini secara mandiri. Bagaimana Anda mengatasi situasi ini?

A. Mengalihkan kegiatan proyek menjadi pembelajaran interaktif di kelas seperti penayangan video, diskusi, dan penjelasan guru tentang daur ulang dan pengelolaan sampah.

B. Melakukan diskusi dengan perwakilan orang tua, siswa, dan guru untuk memahami kesulitan dan mendapatkan solusi yang paling mendukung agar proyek dapat berjalan.

C. Mengurangi cakupan proyek dengan kegiatan daur ulang sampah dari barang-barang yang dapat ditemui di sekolah sehingga siswa tidak perlu membawa barang dari rumah.

D. Tetap melaksanakan proyek ini sesuai dengan rencana dan menjelaskan kembali tujuan kegiatan ini serta meyakinkan orang tua mengenai manfaat yang akan siswa peroleh.

E. Mencicil pengumpulan benda daur ulang dan membuat kegiatan prakarya di sekolah dengan bimbingan guru sehingga tidak membebani orang orang tua.

Kunci Jawaban: B

Analisis: Melakukan diskusi kolaboratif dengan semua pihak (B) adalah pendekatan terbaik. Ini menunjukkan kepemimpinan yang partisipatif, memungkinkan guru untuk memahami akar keluhan dari perspektif yang berbeda (guru, siswa, orang tua), dan bersama-sama menemukan solusi kreatif yang dapat memastikan proyek tetap berjalan efektif tanpa membebani.

Skenario 5: Mendampingi Siswa Pendiam dalam Diskusi Kelompok

Soal: Dalam pelajaran IPS di kelas 7, Anda membagi siswa ke dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan peristiwa penting dalam sejarah. Di salah satu kelompok, Ardi tampak tidak aktif. Ia duduk diam dan tampak ragu-ragu saat teman-temannya berdiskusi. Anda mengetahui bahwa Ardi adalah siswa yang pendiam dan sering merasa canggung dalam situasi sosial. Setelah Anda tanyakan secara pribadi, Ardi mengaku takut salah bicara dan khawatir dijadikan bahan ejekan. Anda ingin membantunya agar lebih percaya diri dan terlibat aktif, tetapi juga tidak ingin membuatnya merasa dipaksa atau diperhatikan secara berlebihan oleh teman-temannya. Bagaimana strategi yang akan Anda terapkan?

A. Memberikan dorongan atau motivasi kepada Ardi agar lebih percaya diri dalam berdiskusi sambil mengatakan bahwa Anda akan memantau dari kejauhan dan menunggu ia untuk lebih aktif.

B. Memberikan semangat kepada Ardi untuk mencoba bicara dan mengingatkan seluruh siswa agar saling menghargai lalu melanjutkan diskusi seperti biasa.


Berita Terkait


News Update