POSKOTA.CO.ID - Dapatkan informasi selengkapnya di sini soal dan kunci jawaban Post Test Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 PSE 3 Modul 2, sebagai persiapan bagi para guru.
Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) telah menjadi pilar penting dalam membentuk karakter siswa dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di masa depan.
Namun implementasinya di lapangan kerap diwarnai berbagai dinamika, menuntut guru untuk tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu beradaptasi dengan kondisi riil di kelas.
Berikut ini lima skenario umum yang dihadapi guru dalam menerapkan PSE, lengkap dengan solusi paling efektif berdasarkan studi kasus dari Modul 2.
Baca Juga: Kunci Jawaban Modul 3 PPG 2025: Panduan Lengkap Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai
Skenario 1: Mengatasi Keengganan Siswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek Lapangan
Teks Soal: Pak Raka merupakan guru IPS kelas 7. Beliau akan menerapkan pembelajaran berbasis experiential learning untuk materi aktivitas ekonomi masyarakat dengan meminta siswa bekerja dalam kelompok untuk mengamati dan mewawancarai pelaku usaha kecil di sekitar mereka seperti pedagang kaki lima, penjaja makanan keliling, warung, toko, pasar, dan sebagainya. Kemudian mereka akan menyusun laporan hasil pengamatan dan wawancaranya serta mempresentasikannya di kelas. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan pemahaman ekonomi lokal, kerja sama, komunikasi sosial, serta keterampilan seperti empati, bertanggung jawab, dan kemampuan presentasi. Namun saat menjelaskan rencana tersebut, beberapa siswa menyampaikan keberatan mereka karena kegiatan ini terlalu merepotkan dan mempertanyakan mengapa mereka tidak cukup belajar teori di kelas saja. Bagaimana sebaiknya Pak Raka mengatasi situasi ini?
A. Memfasilitasi dialog kelas untuk mendengarkan kendala siswa. Lalu menekankan fleksibilitas. Misalnya memperbolehkan pengamatan dan wawancara dilakukan di lingkungan terdekat dan waktu yang disepakati kelompok.
B. Memahami tantangan siswa akan tugas ini. Lalu mengganti proyek lapangan dengan kegiatan alternatif seperti penayangan video dokumenter tentang aktivitas ekonomi masyarakat. Lalu meminta para siswa berdiskusi di kelas.
C. Mendengarkan keluhan-keluhan siswa terkait proyek lapangan lalu mendiskusikan dengan mereka untuk menemukan solusi yang dapat mengatasi keluhan tersebut sambil memotivasi bahwa mereka pasti bisa.
D. Menawarkan dua pilihan kegiatan yaitu proyek lapangan seperti rencana awal atau tugas alternatif berupa analisis kelompok berkaitan dengan pelaku ekonomi berdasarkan informasi di media sosial video ataupun berita.