Guru Wajib Tahu! Hubungan Gaya Belajar dan Model Kolb Modul 2 PPG 2025 dalam Pembelajaran Experiential

Selasa 17 Jun 2025, 14:55 WIB
Guru PPG wajib pahami kaitan gaya belajar dengan tahapan Kolb. Simak penjelasan ahli dan tips praktis untuk pembelajaran experiential! (Sumber: Poskota/Aldi Harlanda Irawan)

Guru PPG wajib pahami kaitan gaya belajar dengan tahapan Kolb. Simak penjelasan ahli dan tips praktis untuk pembelajaran experiential! (Sumber: Poskota/Aldi Harlanda Irawan)

A. Semua individu mengikuti urutan yang sama dalam tahapan pembelajaran Kolb.

B. Gaya belajar yang berbeda tidak memengaruhi urutan tahapan pembelajaran.

C. Gaya belajar individu dapat memengaruhi cara mereka berinteraksi dengan setiap tahapan pembelajaran.

D. Individu dengan gaya belajar aktif hanya melewati satu tahapan dalam model Kolb.

E. Setiap individu memiliki pola adaptasi yang sama dalam belajar.

Jawaban benar: C.

Menurut penjelasan materi Experiential Learning Modul 2 PPG 2025, gaya belajar memang memengaruhi cara siswa berproses dalam setiap tahap Model Kolb, meskipun siklus belajarnya tetap sama untuk semua orang.

Mengapa Jawaban Lain Kurang Tepat?

  • Opsi A dan E mengasumsikan keseragaman proses belajar, padahal setiap siswa memiliki keunikan.
  • Opsi B bertolak belakang dengan teori Kolb yang menyatakan gaya belajar memengaruhi pendekatan individu.
  • Opsi D keliru karena tidak ada gaya belajar yang hanya terpaku pada satu tahap.

Baca Juga: Cara Mengerjakan Post Tes Modul 1 PPG 2025, Lengkap dengan Kunci Jawaban Soal

Model Kolb dan Gaya Belajar: Penjelasan Mendalam

David A. Kolb, pencetus teori Experiential Learning, menjelaskan bahwa pembelajaran efektif terjadi melalui siklus 4 tahap:

  1. Pengalaman Konkret (Concrete Experience)
  2. Refleksi Pengamatan (Reflective Observation)
  3. Konseptualisasi Abstrak (Abstract Conceptualization)
  4. Pengujian Aktif (Active Experimentation)

Namun, gaya belajar individu menentukan dominasi tahapan tertentu:

  • Diverging: Lebih suka refleksi dan pengamatan.
  • Assimilating: Unggul dalam analisis konsep abstrak.
  • Converging: Cenderung menguji ide secara praktis.
  • Accommodating: Lebih nyaman dengan eksperimen langsung.

Implikasi bagi Guru

Pemahaman ini membantu guru dalam:

  • Mendesain Aktivitas yang mencakup seluruh tahap Kolb.
  • Mengakomodasi Keragaman Gaya Belajar siswa.
  • Menghindari “One-Size-Fits-All” dalam metode pengajaran.

Berita Terkait


News Update