Kunci Jawaban Post Test PPG 2025 PSE 1 Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional: Studi Kasus dan Solusi Praktis

Rabu 18 Jun 2025, 13:16 WIB
Kunci Jawaban Post Test PPG 2025 PSE 1 Modul 2. (Sumber: YouTube/FD Succes100)

Kunci Jawaban Post Test PPG 2025 PSE 1 Modul 2. (Sumber: YouTube/FD Succes100)

E. Memberikan aturan dalam berkelompok dengan menetapkan waktu khusus brainstorming ide untuk seluruh anggota kelompok secara adil.

Kunci Jawaban: B

Analisis: Menginisiasi sesi refleksi diri (B) adalah pendekatan yang paling efektif. Konflik antara Danu dan Ninda berakar pada kurangnya keterampilan sosial dan empati. Melalui refleksi, mereka diajak untuk memahami perspektif masing-masing, mengenali pentingnya mendengarkan, dan menghargai kontribusi orang lain dalam konteks kerja sama tim. Ini mendorong pembelajaran jangka panjang tentang resolusi konflik.

Baca Juga: Kunci Jawaban Post Test PPG 2025 Modul Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai, Cek di Sini!

Skenario 2: Tantangan Guru sebagai Panutan dalam Disiplin Waktu

Soal: Pak Andi adalah wali kelas yang sering mengingatkan siswa untuk datang tepat waktu ke sekolah dan masuk kelas sesuai jadwal. Namun belakangan ini banyak siswa yang memulai protes karena Pak Andi sendiri sering datang terlambat apabila ditelusuri. Keterlambatan Pak Andi bukan tanpa alasan. Akan tetapi, Pak Andi sedang merawat orang tuanya yang sedang sakit dan terkadang membutuhkan waktu yang lebih lama ketika pagi hari sehingga ia datang terlambat. Meskipun demikian, siswa tidak mengetahui alasan keterlambatan tersebut sehingga mereka merasa ada ketidaksesuaian antara ucapan dan tindakan Pak Andi. Jika Anda menjadi Pak Andi, bagaimana cara menyikapi para siswa?

A. Tetap konsisten mengingatkan siswa untuk datang tepat waktu ke sekolah dan menghimbau mereka untuk tidak mengikuti tindakan Anda.

B. Meminta bantuan dari guru bimbingan konseling atau BK untuk memberikan pemahaman kedisiplinan waktu kepada siswa.

C. Mengapresiasi siswa yang telah konsisten datang tepat waktu untuk membangun budaya positif yang tidak tergantung sepenuhnya pada figur guru.

D. Menjadikan masukan dari siswa sebagai bahan dalam melakukan refleksi diri dan menjadi evaluasi dalam menjadi suri teladan siswa.

E. Melakukan evaluasi diri dan mencari solusi alternatif sehingga dapat berkomitmen untuk datang tepat waktu ke sekolah.

Kunci Jawaban: E


Berita Terkait


News Update