POSKOTA.CO.ID - Soal latihan untuk pemahaman modul 3 diberikan untuk peserta PPG 2025. Kunci jawaban cerita reflektif modul 3 PPG 2025 digunakan peserta untuk mempelajari kesalahan dalam mengerjakan soal.
Calon guru harus disiapkan menjadi guru profesional melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) berdasarkan buku Guru dan Pengembangan Profesi, A. Haerullah (2024:106).
Peran Guru dalam Pendidikan Nilai adalah materi kunci jawaban cerita reflektif modul 3 PPG 2025. Berikut adalah soal dan kunci jawaban yang perlu diketahui peserta PPG 2025 sebagai berikut.
Soal:
- Siapa yang bertanggungjawab dalam pendidikan nilai di sekolah? Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti? Guru Pendidikan Pancasila? Atau semua guru, apapun mata pelajarannya?
- Peran apa yang dapat Bapak atau Ibu lakukan dalam pendidikan nilai?
- Strategi apa yang akan Bapak atau Ibu gunakan sebagai bentuk komitmen dalam menjalankan hasil pembelajaran dari materi ini?
Kunci Jawaban:
1. Tanggung jawab utama pendidikan nilai di sekolah sesungguhnya berada di tangan semua guru, apapun mata pelajarannya. Pendidikan nilai bukanlah kewajiban mutlak Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP), atau Guru Pendidikan Pancasila.
Nilai-nilai seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, serta toleransi harus terhubung dalam setiap aspek pembelajaran dan interaksi di sekolah. Guru PABP dan Guru Pendidikan Pancasila sejatinya memiliki peran utama dalam mengajarkan nilai-nilai secara eksplisit sesuai kurikulum.
Meskipun demikian, guru mata pelajaran lain (Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, Seni Budaya) juga berpeluang dalam menanamkan pendidikan nilai-nilai. Caranya melalui konteks materi pelajaran, diskusi kelompok, penugasan, dan bahkan sekadar cara mereka berinteraksi dengan peserta didik dan sesama rekan guru.
2. Saya sebagai guru memiliki peran penting dalam pendidikan nilai. Hal yang utama yaitu kewajiban saya untuk menjadi teladan (role model).
Pendidikan nilai-nilai lebih banyak diajarkan melalui contoh daripada sekadar ceramah. Saya berkomitmen untuk menunjukkan integritas, empati, disiplin, dan rasa hormat dalam setiap interaksi saya dengan siswa, sesama guru, dan wali murid.
3. Strategi yang digunakan sebagai bentuk komitmen dalam menjalankan hasil pembelajaran yaitu. Saya akan membiasakan nilai-nilai positif seperti, menjaga kebersihan, dan saling menghargai diterapkan secara konsisten di kelas.
Saya akan terus-menerus mengingatkan dan mengapresiasi siswa yang menunjukkan perilaku sesuai pendidikan nilai yang diajarkan.
Saya akan berusaha menjalin komunikasi yang lebih erat dengan wali murid untuk menyamakan persepsi dan strategi dalam menanamkan pendidikan nilai.