Di akhir sesi, saya mengajak siswa melakukan refleksi singkat, di mana sebagian besar dari mereka mengungkapkan bahwa metode ini membuat mereka lebih mudah memahami materi.
4. Refleksi Guru
Melalui pengalaman ini, saya menyadari bahwa Teaching at the Right Level adalah strategi yang relevan dan efektif dalam menjawab tantangan pembelajaran di kelas heterogen.
Beberapa catatan penting dari refleksi saya sebagai guru bahwa, TaRL membantu memastikan tidak ada siswa yang tertinggal
Pendekatan ini juga mendorong guru untuk lebih adaptif dan kreatif. Lalu, membagi kelompok dan membuat variasi LKPD memerlukan persiapan, tetapi hasilnya sebanding.
Saya berkomitmen untuk menggunakan asesmen awal secara konsisten dan terus meningkatkan strategi pembelajaran berbasis level kemampuan siswa.
Contoh jurnal pembelajaran ini bukan hanya memenuhi kewajiban dalam program PPG, tetapi juga menjadi cerminan dari perubahan paradigma dalam dunia Pendidikan.
DISCLAIMER: Contoh jurnal yang disajikan dalam artikel ini disusun semata-mata sebagai panduan pembelajaran bagi peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2025.