JAKARTA – Badan Pengelola Apartemen Taman Rasuna (BPATR) menerapkan protokol keamanan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Ini sekaligus mengikuti anjuran pemerintah dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Tenant Relation Manager BPATR, Yunita Irma mengatakan, ada beberapa hal yang sudah dilakukan oleh badan pengelola. Semua protokol Covid-19 seperti yang dianjurkan oleh pemerintah sudah dilakukan.
“Hal ini dilakukan untuk melindungi semua orang, baik itu penghuni maupun karyawan Kami,” ujar Yunita, Selasa (21/4/2020).
Penerapan protokol ini, kata Yunita, menjadikan Apartemen Taman Rasuna sebagai apartemen pertama yang menerapkan protokol keamanan Covid-19.
Sejumlah protokol itu antara lain memeriksa suhu tubuh kepada semua orang yang masuk sejak awal Maret 2020. Selain itu sudah tersedia wastafel di 13 tower yang ada, juga di area parkir motor. Selain wastafel juga ada hand sanitizer di semua area publik seperti lobi dan koridor.
“Ini juga sekaligus mengingatkan masyarakat untuk selalu membiasakan diri mencuci tangan. Terutama ketika berada di luar ruangan,” lanjutnya.
Tak hanya itu, juga telah dilakukan beberapa hal yang berkaitan dengan penerapan physical distancing seperti step pull (alat pembuka pintu dengan kaki) di semua pintu area publik, pemasangan sign jarak di dalam lift, serta menerapkan wajib menggunakan masker bagi seluruh karyawan dan penghuni Apartemen Taman Rasuna.
“Bahkan sejak 19 Maret lalu, kami sudah menutup semua tempat kumpul aktivitas warga,” ujarnya.
Irma juga menambahkan bahwa pengelola Apartemen Taman Rasuna sejak Jumat (17/4/2020) memberikan fasilitas layanan antar pengiriman barang-barang atau makanan penghuni yang tiba di setiap lobby.
“Saat tidak ada wabah, semua penghuni harus mengambil sendiri barang kiriman mereka di lobby ataupun mailbox, nah dengan situasi seperti sekarang, kami berikan layanan agar penghuni tetap di dalam unit apartemennya,” kata Irma lagi.
Dia juga menerangkan semua kegiatan pelayanan terhadap para penghuni sudah dilakukan secara daring. Termasuk pelayanan untuk semua kegiatan pembayaran. “Jadi masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor kami,” tambah dia.
Selain itu hunian vertikal yang sudah dikelola mandiri oleh warga (P3SRS) ini menggalang donasi untuk tenaga medis. Tak hanya itu, Badan Pengelola Apartemen Taman Rasuna juga terus berkoordinasi dengan sejumlah fasilitas kesehatan.
"Kami juga berkordinasi dekat dengan Puskesmas dan sejumlah rumah sakit di Jakarta untuk memfasilitasi, jika warga ada yang memiliki keluhan gejala Covid-19 agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujar dia. (guruh/ys)
