Abstract Conceptualization
Melalui refleksi, siswa mulai merumuskan konsep atau teori baru. Tahap ini menuntut siswa untuk mengaitkan pengalaman mereka dengan pengetahuan yang sudah ada, sehingga tercipta pemahaman yang lebih sistematis.
Active Experimentation
Tahap terakhir melibatkan penerapan teori atau konsep yang telah dibuat. Dengan mencoba ide-ide baru dalam konteks yang berbeda, siswa dapat melihat dampak nyata dari pembelajaran mereka.
Baca Juga: Kunci Jawaban Modul 3 PPG 2025: Inilah Rumusan Solusi untuk Mengatasi 5 Tantangan dalam Soal
Siklus ini mengilustrasikan bagaimana pengalaman langsung menjadi titik awal dalam menghasilkan pengetahuan yang mendalam dan aplikatif. Dengan melewati setiap tahapnya, baik guru maupun siswa dapat menemukan nilai tambah dalam setiap momen belajar.
Bagi para guru yang mengikuti Program PPG 2025, memahami konsep Experiential Learning sangat krusial. Tidak hanya sebagai bekal teori dalam menghadapi ujian atau evaluasi, konsep ini juga merupakan panduan praktis untuk menciptakan suasana belajar yang inspiratif dan bermakna.
Dengan menerapkan siklus empat tahap yang dikemukakan oleh Kolb, guru dapat mendorong siswa agar aktif mengaitkan pengetahuan dengan pengalaman mereka sehari-hari.
Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta mendukung perkembangan sosial emosional siswa.