D. Tetap meminta semua peserta didik untuk dapat latihan menulis bilangan 1 hingga 10
E. Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi kemampuan motorik halus peserta didik
Kunci Jawaban: E
9. Anda mengampu Bahasa Inggris. Anda menyadari bahwa kemampuan menulis cenderung kurang diperhatikan dalam mata pelajaran ini, dan Anda berencana untuk melatihnya. Selama ini sebenarnya Anda sudah berusaha memberikan tugas-tugas menulis, namun hasil yang ditunjukkan oleh peserta didik cukup beragam antar kategori tulisan, seperti antara essai, tulisan reportase kejadian, cerita, dan sebagainya. Apa yang Anda lakukan kemudian pada penugasan kali ini?
A. Meminta semua peserta didik membuat tulisan dengan kategori dan tema yang sama
B. Memahami bahwa dibutuhkan latihan menulis yang berbeda berdasarkan kemampuan peserta didik
C. Mencoba memberikan panduan atau tugas menulis dalam kategori yang bervariasi
D. Memberi penugasan yang berbeda dalam hal tema, jenis, dan detail ketentuan tulisan
E. Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik yang kemahiran menulisnya beragam
Kunci Jawaban: E
10. Selama 5 tahun terakhir Anda adalah guru kelas tinggi, namun tahun ini Anda diminta untuk mengajar di kelas rendah, yaitu kelas 1. Ketika Anda harus mengajarkan konsep angka, Anda mencoba menyampaikannya dengan menuliskan bilangan-bilangan di papan tulis, namun para peserta didik tampak tidak ada yang memperhatikan dan bermain sendiri-sendiri. Bagaimana Anda mengatasi kejadian tersebut?