UKM Jakarta Ramaikan Pameran E-Commerce Internasional CIEIE 2025

Selasa 05 Agu 2025, 09:05 WIB
Wakil Gubernur Jakarta, Rano Karno berbincang dengan pelaku UMKM dalam Bazar Jakarta Entrepreneur di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 24 Januari 2025, lalu. (Sumber: Poskota/Bilal Nugraha Ginanjar)

Wakil Gubernur Jakarta, Rano Karno berbincang dengan pelaku UMKM dalam Bazar Jakarta Entrepreneur di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 24 Januari 2025, lalu. (Sumber: Poskota/Bilal Nugraha Ginanjar)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Sejumlah pelaku UKM binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPPKUKM) DKI Jakarta akan ambil bagian dalam Pameran China (Indonesia) International E-Commerce Industry Expo (CIEIE) 2025.

Pameran ini digelar pada 3–5 September di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas PPPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, menyambut baik keikutsertaan para pelaku UKM.

Ia menyebut ini sebagai momentum strategis untuk memperluas jaringan usaha dan eksposur pasar digital global.

Baca Juga: Tingkatkan Ranking Jakarta sebagai Kota Global, DPRD Provinsi DKI Dukung Event International

“Jakarta memiliki potensi besar di sektor perdagangan, industri kreatif, dan UMKM. Melalui Expo ini, kami berharap pelaku usaha Jakarta dapat menjangkau pasar yang lebih luas melalui berbagai platform digital dan mengikuti tren perkembangan teknologi,” ujar Elisabeth, Selasa, 5 Agustus 2025.

Ratu menambahkan, pameran ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan daya saing UKM dengan mempertemukan mereka langsung dengan peritel besar, distributor lokal, dan platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, TikTok, serta pelaku industri lainnya.

"Kolaborasi ini diharapkan akan menciptakan sinergi dalam pengadaan barang dan promosi produk berkualitas tinggi dari dalam negeri," tambahnya.

Direktur Departemen Promosi Perdagangan dan Investasi CCPIT, Jason Xiong, menyebut Indonesia memiliki potensi besar di sektor digital.

Baca Juga: DPRD Minta Wacana Kartu Janda Jakarta Dikaji Ulang

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami melihat Indonesia memiliki basis konsumen yang sangat besar. Kami percaya industri e-commerce Indonesia akan terus berkembang dan menjadi pilar penting dalam kerja sama ekonomi kawasan,” ujarnya.

CIEIE 2025 diselenggarakan oleh China Council for the Promotion of International Trade (CCPIT) sebagai bagian dari kerja sama Indonesia–Tiongkok dalam memperkuat sektor UMKM dan perdagangan digital.

Pameran ini akan digelar di area seluas lebih dari 20.000 meter persegi, menghadirkan lebih dari 500 peserta, dan ditargetkan menarik 30.000 pengunjung dari dalam dan luar negeri.

Sejumlah tokoh penting dijadwalkan hadir, antara lain Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali, Deputi Produk Wisata Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, Presiden ICC Indonesia Ilham A. Habibie, dan para pengusaha dari Indonesia dan Tiongkok.

Baca Juga: Pengamat Nilai Sebut Kartu Janda Jakarta Tumpang Tindih dengan Bansos

Selain pameran produk, CIEIE 2025 juga menggelar diskusi panel bersama lebih dari 100 pakar industri yang akan membahas strategi bisnis, pengembangan merek, logistik, pemasaran digital, dan ekspansi global UKM.

Acara ini juga menyediakan akses layanan terintegrasi mulai dari pembangunan situs, pergudangan, periklanan, hingga sistem pembayaran lintas negara. (cr-4)


Berita Terkait


News Update