POSKOTA.CO.ID - Jika Anda tak sadar saat melakukan transfer uang di aplikasi dompet elektronik DANA, namun bukan kepada pengguna yang dituju, jangan panik saldo Anda bisa dikembalikan.
Masalah yang kerap dilakukan pengguna dompet elektronik seperti salah transfer bisa saja dialami oleh seseorang tanpa disadari.
Salah transfer saldo DANA bisa menjadi situasi yang menegangkan, apalagi jika jumlahnya cukup besar.
DANA sendiri memiliki sebuah kebijakan tertentu terkait dengan transaksi yang salah kirim. Anda masih memiliki Peluang untuk mengembalikan uang yang salah transfer juga bergantung pada beberapa faktor, seperti status transaksi dan respons penerima.
Baca Juga: Cara Transfer Saldo DANA via BCA Mudah dan Cepat
Jika terjadi kesalahan transfer dalam transaksi yang sudah berhasil, maka tanggung jawab sepenuhnya berada di tangan pengguna.
Sesuai dengan syarat dan ketentuan, saldo yang telah terkirim tidak dapat dibatalkan atau dikembalikan secara otomatis.
Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk selalu memastikan detail penerima sebelum menyelesaikan transaksi.
Namun, masih ada kemungkinan untuk mengembalikan saldo yang salah kirim, terutama jika penerima bersedia mengembalikannya.
Baca Juga: Cara Transfer Saldo Shopeepay ke DANA Tanpa Biaya Admin, Dijamin Gratis!
Cara Kembalikan Uang yang Salah Transfer
Hubungi CS DANA
Untuk membantu proses ini, pengguna dapat menghubungi layanan pelanggan DANA dan melaporkan kesalahan transfer. Pengguna bisa mengirim email ke [email protected], menghubungi call center 1500 445, atau memanfaatkan fitur DIANA (Asisten Digital DANA) untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.
- Buka aplikasi DANA.
- Kunjungi menu Riwayat Transaksi.
- Pilih transaksi yang ingin ditanyakan ke CS.
- Ketuk tombol Chat yang ada di pojok kanan bawah aplikasi.
- Dengan begitu, pihak DANA akan langsung memberikan respons terkait transaksi yang salah.
Baca Juga: Cara Transfer BCA ke DANA, Lengkap dengan Kode dan Biaya Adminnya
Minta bantuan DIANA
Selain itu, Anda juga bisa menghubungi penerima uang yang salah kirim dengan meminta bantuan asisten virtual DIANA. DIANA bisa diakses dari menu Pusat Resolusi di halaman Saya di aplikasi DANA.
Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan bantuan lebih lanjut dalam menangani kasus salah transfer.
Lewat cara ini, pihak DANA akan membantu Anda menghubungi penerima uang yang salah transfer. Jika penerima menyetujui permintaan, maka saldo yang salah kirim dapat dikembalikan ke akun Anda.
Baca Juga: Cara Transfer Saldo DANA ke LinkAja
Untuk menghindari kekeliruan transfer, Anda perlu lebih cermat ketika hendak mengirim uang lewat DANA.
Selain itu, pastikan akun atau identitas penerima sudah terkonfirmasi benar, sehingga meminimalisasi kasus salah transfer.
