Latihan Soal Tes Substantif PPG Prajabatan 2025 Lengkap dengan Jawaban, Untuk Lulusan D4 dan S1

Kamis 12 Jun 2025, 18:59 WIB
Ilustrasi - Latihan soal tes substantif PPG Prajabatan 2025. (Sumber: menpan.go.id)

Ilustrasi - Latihan soal tes substantif PPG Prajabatan 2025. (Sumber: menpan.go.id)

2. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut…
A. Fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
B. Fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
C. Fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur
D. Fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
Jawaban: B

Baca Juga: Kunci Jawaban PPG 2025 Cerita Reflektif Modul 2 Topik 4 School Well-being

3. Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (output) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah … 
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik
B. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif
C. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan 
Jawaban: A

4. Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan pengalaman sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan oleh…
A. Ehavioris
B. Kognitivis
C. Kognitivis behavior
D. Konstruktivisme
Jawaban: D

5. Tenda belajar bermakna pada matematika (meaningful theory) mendukung penggunaan benda untuk dimanipulasi sehingga siswa dapat memahami dari konsep dan keterampilan baru seperti contoh berikut…
A. Guru mengenalkan bilangan tiga menggunakan contoh tiga mangga, tiga balon, tiga pensil
B. Guru mengenalkan bilangan tiga dengan mengajak siswa menyebutkan secara verbal
C. Guru mengenalkan bilangan tiga dengan menuliskan simbol angka 3
D Guru mengenalkan bilangan 3 dengan menggunakan gambar tiga mangga, tiga balon, tiga pensil 
Jawaban: A 

6. Dalam di kelas, ada beberapa siswa yang mampu menentukan banyaknya titik sudut pada bangun ruang berbentuk kubus dengan cara membayangkannya. Potensi siswa tersebut dari aspek kecerdasan termasuk dalam kecerdasan… 
A. Kinestetik
B. Spasial – visual
C. Matematika – logis
D. Intrapersonal 
Jawaban: B

7. Indikator dalam RPP dikembangkan berdasarkan…
A. Standar kompetensi
B. Kompetensi dasar
C. Materi pembelajaran
D. Strategi pembelajaran
Jawaban: B

8. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan…
A. Kompetensi dasar
B. Standar kompetensi
C. Indikator
D. Metode pembelajaran
Jawaban: A 

9. Perhatikan beberapa kompetensi berikut!
1) Menyusun perencanaan pembelajaran
2) Mengelola kelas dan lingkungan belajar 
3) Membuat peta konsep materi esensial
4) Mengidentifikasi materi ajar yang memicu miskonsepsi
5) Menjadi tokoh masyarakat sebagai rujukan informasi
Guru yang profesional salah satunya ditandai dengan memiliki kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru untuk…..
A. 3 dan 5
B. 2 dan 5
C. 4 dan 5
D. 1 dan 3
E. 2 dan 4
Jawaban: D

10. Sebagian guru menguasai bahasa asing. Semua yang menguasai bahasa asing pandai bergaul.
Simpulan yang paling tepat adalah…
A. Sebagian yang tidak pandai bergaul bukan guru
B. Sebagian guru yang tidak menguasai bahasa asing pandai bergaul
C. Sebagian yang pandai bergaul bukan guru
D. Sebagian yang pandai bergaul adalah guru
Jawaban: D

11. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penugasan kompetensi prasyarat peserta didik adalah…
A. Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional
B. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa inggris
C. Melakukan kegiatan pre test
D. Melakukan post test
Jawaban: C

12. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegiatan refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….
A. Mengukur ketuntasan peserta didik
B. Mengukur efektivitas proses pembelajaran
C. Mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
D. Menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
Jawaban: C


Berita Terkait


News Update