Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 PPG 2025: Guru sebagai Contoh Kehidupan Sosial Emosional Siswa

Kamis 12 Jun 2025, 22:26 WIB
PPG 2025. (Sumber: Poskota/Arip Apandi)

PPG 2025. (Sumber: Poskota/Arip Apandi)

POSKOTA.CO.IDPendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 semakin mengedepankan peran guru sebagai teladan melalui pendekatan pembelajaran sosial emosional.

Dalam konteks ini, guru tidak hanya dituntut untuk menguasai materi pelajaran, tetapi juga harus mampu menanamkan nilai empati, kesadaran diri, kepedulian, dan kemampuan berpikir kritis kepada para siswa.

Psikologi pendidikan saat ini menggarisbawahi pentingnya peran guru dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa. Guru diharapkan menjadi contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari sekaligus menciptakan suasana pembelajaran yang mendukung perkembangan sosial emosional.

Sebagai bagian dari Modul 2 PPG 2025, Cerita Reflektif dengan tema Aksi Nyata Peran Guru Sebagai Teladan mendorong para pendidik untuk merancang rencana pembelajaran yang tidak hanya menyampaikan pengetahuan, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai kemanusiaan dan kepekaan lingkungan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Langkah-Langkah Mengaktifkan Webcam demi Kelancaran Ujian TAM PPG 2025

Rencana Pembelajaran Terintegrasi EMCI

Dalam salah satu contoh kunci jawaban, terdapat rencana pembelajaran terintegrasi untuk mata pelajaran IPAS pada kelas 4 SD dengan topik "Lingkungan Sekitarku: Teman-teman Pohon dan Sampah di Sekitar Kita." Rencana ini menggabungkan dua aspek pembelajaran, yaitu:

IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)

Siswa diajak untuk mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan memahami fungsinya, mengenal berbagai jenis sampah, serta memahami dampak sampah terhadap lingkungan.

EMCI (Empathy, Mindfulness, Compassion, Critical Inquiry)

Rencana ini mengajak siswa merasakan empati terhadap alam, menerapkan mindfulness dalam mengamati sekitarnya, menumbuhkan kepedulian, dan melatih kemampuan bertanya untuk mencari solusi masalah sederhana.

Baca Juga: Kapan Pemanggilan PPG 2025? Simak Jadwal hingga Kenaikan Tunjangan Guru Non ASN

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu:

  • Mengetahui dan memahami peran serta bagian-bagian tumbuhan yang penting bagi lingkungan, seperti fungsi akar, batang, dan daun.
  • Mengidentifikasi jenis-jenis sampah (organik dan anorganik) serta memahami dampak negatifnya terhadap lingkungan.
  • Mengaplikasikan perilaku sederhana untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.
  • Mengembangkan empati dan kepedulian melalui pendekatan mindfulness dan critical inquiry, sehingga mereka dapat bertanya “mengapa?” dan “bagaimana?” dalam menghadapi persoalan lingkungan.

Baca Juga: BGN Siapkan 361 Titik SPPG di Kabupaten Bandung

Materi Ajar dan Media Pembelajaran


Berita Terkait


News Update