Jawaban: D
Pendekatan yang disarankan: Memberikan ruang pilihan tema kepada peserta didik merupakan strategi pembelajaran diferensiasi yang mendorong partisipasi aktif. Guru sebaiknya merancang rubrik penilaian yang fleksibel agar pembelajaran tetap terstruktur.
4. Perbedaan Keterampilan Menulis Siswa
Soal: Anda adalah guru Bahasa Indonesia yang bermaksud melakukan literasi menulis pada peserta didik di sekolah Anda. Literasi ini akan membantu peserta didik menuangkan gagasan ke dalam tulisan dengan susunan kata dan bahasa yang efektif dan efisien. Namun demikian, kemampuan menulis peserta didik di sekolah Anda sangat heterogen. Beberapa di antara mereka cukup terampil dalam menulis, namun banyak juga yang mengalami kesulitan. Apa yang Anda lakukan jika berada pada situasi ini?
A. Membuat panduan dan tugas yang berbeda sesuai dengan tingkat keterampilan menulis peserta didik
B. Meningkatkan kompleksitas aktivitas hanya untuk peserta didik yang sudah memiliki keterampilan menulis yang baik
C. Mulai menugaskan aktivitas menulis berdasarkan topik minggu ini berdasarkan kemampuan masing-masing
D. Menyadari adanya perbedaan kemampuan awal dalam pengembangan keterampilan menulis peserta didik E. Tetap menggunakan metode pengajaran standar yang biasa dilakukan
Jawaban: A
Strategi diferensiasi pembelajaran seperti ini mencerminkan pemahaman guru terhadap heterogenitas peserta didik, serta menciptakan pengalaman belajar yang adil dan efektif.
5. Tantangan Bahasa bagi Siswa Pindahan
Soal: Anda adalah guru kelas dengan peserta didik yang selama ini seluruhnya berasal dari suku Jawa. Kebetulan semester ini ada peserta didik baru yang pindah dari luar Jawa, dan tentu saja ia tidak menguasai Bahasa Jawa. Padahal selama ini Anda terbiasa ketika di kelas menyelipkan Bahasa Jawa ketika menjelaskan sesuatu, meskipun bahasa pengantar pembelajaran secara resmi adalah Bahasa Indonesia. Apa kemudian tindakan Anda saat menghadapi situasi di atas?
A. Menggunakan bahasa Indonesia pada semua materi yang diajarkan di kelas
B. Berniat membiasakan diri agar selanjutnya dapat konsisten menggunakan Bahasa Indonesia ketika mengajar