B. Tetap akan melakukan penilaian keterampilan dengan meminjam lapangan bola voli terdekat
C. Berusaha menyusun pedoman observasi sederhana pada gerakan-gerakan yang bersifat dasar
D. Memahami pentingnya metode observasi untuk mengetahui keterampilan praktik peserta didik dalam bermain voli
E. Hanya akan memberikan tes yang bersifat tertulis dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana praktik tersebut
Jawaban: A
Solusi ini merefleksikan kemampuan adaptasi guru dalam menyusun asesmen alternatif, yang tetap relevan dan berorientasi pada hasil belajar peserta didik.
3. Permintaan Tema Poster yang Lebih Fleksibel dari Peserta Didik
Soal: Pada satu materi belajar tentang poster sebagai media informasi, Anda berencana meminta setiap peserta didik untuk berlatih membuatnya dengan tema budaya. Akan tetapi, mayoritas peserta didik meminta Anda untuk membebaskan tema, sesuai dengan minat masing-masing. Sebagai guru mapel IT, apa yang akan Anda lakukan ketika menemui situasi tersebut?
A. Mengizinkan peserta didik untuk membuat poster sesuai dengan minatnya masing-masing
B. Berupaya memperluas tema poster sesuai keinginan peserta didik meskipun tidak terlalu jauh dari tema budaya
C. Memaklumi minat peserta didik yang beragam dalam pembuatan tugas tersebut
D. Membuat survei minat peserta didik untuk dijadikan alternatif pembuatan tema sebelum pembelajaran
E. Meminta peserta didik untuk membuat poster sesuai tema yang telah Anda tentukan