Cara Efektif Menyusun Jurnal PPG 2025 Modul 1: Implementasi Prinsip Understanding by Design

Rabu 11 Jun 2025, 08:14 WIB
Menerapkan Prinsip Understanding by Design dalam Jurnal Pembelajaran PPG 2025: Aksi Nyata untuk Pendidikan Berbasis Tujuan (Sumber: teachthought.com)

Menerapkan Prinsip Understanding by Design dalam Jurnal Pembelajaran PPG 2025: Aksi Nyata untuk Pendidikan Berbasis Tujuan (Sumber: teachthought.com)

POSKOTA.CO.ID - Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 hadir sebagai sarana strategis untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme guru di Indonesia.

Salah satu kompetensi utama yang diasah dalam program ini adalah kemampuan merancang pembelajaran secara efektif dan berfokus pada kebutuhan serta perkembangan peserta didik.

Pada Modul 1 Topik 1, peserta PPG ditugaskan menyusun Jurnal Pembelajaran berbasis prinsip Understanding by Design (UbD).

UbD merupakan pendekatan sistematis dalam perencanaan pembelajaran yang dikembangkan oleh Grant Wiggins dan Jay McTighe. Melalui prinsip backward design, UbD mendorong guru untuk merancang pembelajaran dengan titik tolak dari tujuan akhir yang ingin dicapai, sebelum menentukan aktivitas belajar dan asesmen.

Baca Juga: Wajah Selingkuhan Wadison Pasaribu Viral, Netizen Curigai Peran Besar di Balik Aksi Pembunuhan Istri

Memahami Prinsip Understanding by Design (UbD)

Dalam konteks Kurikulum Merdeka, UbD berfungsi sebagai kerangka konseptual untuk menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan kontekstual. Pendekatan ini terdiri atas tiga tahapan utama:

1. Menentukan Hasil yang Diharapkan (Desired Results)

Guru merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) yang berlaku. Tujuan ini dirancang agar spesifik, terukur, dan selaras dengan kompetensi inti.

2. Merancang Bukti Penilaian (Assessment Evidence)

Pada tahap ini, guru merancang asesmen formatif dan sumatif yang dapat menunjukkan sejauh mana siswa memahami dan menerapkan materi ajar.

3. Merancang Kegiatan Pembelajaran (Learning Plan)

Tahap terakhir adalah menyusun aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan asesmen. Aktivitas dirancang agar melibatkan siswa secara aktif dan mempertimbangkan keberagaman karakteristik peserta didik.

Contoh Jurnal Pembelajaran: Implementasi Prinsip UbD

Berikut adalah contoh konkret jurnal aksi nyata dari guru kelas 4 SD yang menerapkan UbD dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Topik Pembelajaran

Tema: Makna Sila-sila Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
Landasan Filosofis: Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Pancasila sebagai dasar pendidikan nasional

A. Tahap 1 – Hasil yang Diharapkan

  • Big Idea: Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara
  • Tujuan Pembelajaran (TP):

    • Siswa memahami isi dan makna sila-sila Pancasila
    • Siswa mampu mengaitkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
    • Siswa menunjukkan sikap gotong royong, toleransi, dan tanggung jawab

B. Tahap 2 – Bukti Keberhasilan

  • Penilaian Formatif:

    • Pertanyaan reflektif seperti "Sila mana yang paling sering saya terapkan?"
    • Diskusi kelompok dan tanya jawab
  • Penilaian Sumatif:

    • Proyek poster bertema “Pancasila di Sekolahku”
    • Presentasi kelompok dan umpan balik sejawat

C. Tahap 3 – Rencana Pembelajaran


Berita Terkait


News Update