Program Cageur RSUD Bakti Pajajaran Bantu Ribuan Pasien untuk Mendapatkan Layanan Kesehatan

Kamis 13 Nov 2025, 19:53 WIB
Ilustrasi, RSUD Bakti Pajajaran telah membantu ribuan warga mendapatkan akses layanan kesehatan lewat program Cageur. (Sumber: POSKOTA | Foto: Heri Effendi)

Ilustrasi, RSUD Bakti Pajajaran telah membantu ribuan warga mendapatkan akses layanan kesehatan lewat program Cageur. (Sumber: POSKOTA | Foto: Heri Effendi)

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bakti Pajajaran, Cibinong, Kabupaten Bogor, memberikan kemudahan kepada pasien yang ingin berobat melalui program Telemedicine and Home Care (Cageur). Program yang diluncurkan pada tahun 2023, dan telah membantu ribuan pasien yang ingin mendapatkan layanan kesehatan.

Tercatat pada tahun 2023 ada sebanyak 500 pasien dan tahun 2024 sebanyak 1.200 pasien terbantu oleh program Cageur. Sementara pada tahun 2025 hingga saat ini ada sebanyak 600 pasien yang didatangi tim layanan kesehatan Cageur.

Kepala Instalasi Rujukan Telemedicine dan Home Care RSUD Bakti Pajajaran, dr Eka Dewi Agustiany, menjelaskan, konsep layanan kesehatan Cageur yakni memberikan pelayanan diluar Rumah Sakit. Ditegaskan olehnya pelayanan kesehatannya sama seperti saat berada di Rumah Sakit.

Salah satu layanan kesehatan yang disediakan oleh Rumah Sakit ini dengan mendatangi langsung rumah pasiennya. Dokter bersama timnya dengan menggunakan ambulans yang dimilikinya siap meluncur dikala ada permintaan layanan kesehatan.

Baca Juga: Sejak Dibuka pada 2024, Poli Psikologi RSUD Bakti Pajajaran Cibinong Layani Ratusan Pasien

“Konsepnya adalah pelayanan rumah sakit yang dilakukan di luar rumah sakit, jadi dengan memberikan pelayanan secara langsung ke rumah pasien. Misalnya kondisi pasiennya sulit untuk dibawa ke rumah sakit karena penyakitnya yang cukup berat, tapi tetap perlu pemeriksaan dokter, perlu tindakan," jelas dr Eka Dewi Agustiany di RSUD Bakti Pajajaran, Kamis, 13 November 2025.

Kepala Instalasi Rujukan Telemedicine dan Home Care RSUD Bakti Pajajaran, dr Eka Dewi Agustiany (kiri). (Sumber: POSKOTA | Foto: Heri Effendi)

Eka menuturkan layanan kesehatan yang diberikan sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Tim layanan kesehatan Cageur juga, lanjut Eka siap siaga dalam setiap saat guna memberikan pelayanannya.

“Jadi di instalasi kami ada 2 dokter umum dan 14 perawat bidan serta 1 administrator. Tapi, karena layanan kami adalah rumah sakit jadi SDM kami tidak terbatas pada instalasi kami saja. Kami masih bisa melibatkan seluruh SDM yang ada dalam rumah sakit ini.

Eka yang didampingi oleh Administrator menceritakan layanan Cageur tidak hanya melayani wilayah Kabupaten Bogor. Diungkapkan olehnya, program Cageur juga dapat menjangkau hingga layanan kesehatan hingga ke luar negeri.

Hingga saat ini, lanjut Eka telah membantu dan memberikan layanan kesehatan kepada 4 pasien. Mereka, tuturnya berobat ke negeri jiran Malaysia sesuai dengan yang direkomendasikan.

Baca Juga: Cara Ikut Pemutihan BPJS Kesehatan, Cek Syarat Agar Tunggakan Dihapus


Berita Terkait


News Update