8.000 Pelanggan di Bekasi Utara Terdampak Gangguan Air, PDAM Tirta Patriot Janji Segera Atasi

Sabtu 04 Okt 2025, 15:26 WIB
Direktur Utama PDAM Tirta Patriot, Ali Imam Faryadi, meninjau langsung kerusakan valve pada Jumat malam, 3 Oktober 2025. (Sumber: POSKOTA | Foto: Nurpini Aulia Rapika)

Direktur Utama PDAM Tirta Patriot, Ali Imam Faryadi, meninjau langsung kerusakan valve pada Jumat malam, 3 Oktober 2025. (Sumber: POSKOTA | Foto: Nurpini Aulia Rapika)

“Rata-rata temuan tim di lapangan, masalah tarif itu karena ground tank atau toren otomatis yang rusak. Jadi airnya terus mengalir tanpa berhenti. Kalau sudah masuk ke area setelah water meter, itu tanggung jawab pelanggan, bukan PDAM,” jelasnya.

Ali menegaskan pihaknya berkomitmen untuk terus memperbaiki layanan, meski diakui ada tantangan besar dalam pengelolaan air baku.

“Kalau menjamin terpenuhinya air, kami pastikan melayani masyarakat dengan kapasitas yang dimiliki. Tapi sumber air baku kami dari Kali Bekasi kondisinya fluktuatif. Saat musim kemarau, limbah meningkat. Kalau musim hujan deras, pintu air di hulu dibuka, sehingga produksi kami juga terganggu,” paparnya.

Sebagai solusi jangka panjang, Ali memastikan program Relokasi Intik yang pernah dicanangkan Tri Adhianto saat menjabat sebagai Plt Wali Kota Bekasi akan segera dieksekusi tahun ini.

"InsyaAllah tahun ini kami akan bangun Relokasi Intik. Akan kami eksekusi pada tahun ini dengan memindahkan air baku dari Kali Bekasi ke Kali Malang. Mudah-mudahan tahun depan selesai lah," jelas Ali. (cr-3)


Berita Terkait


News Update