POSKOTA.CO.ID – Pesanan yang tidak sesuai, rusak, atau tidak sampai memang bisa bikin kesal. Untungnya, Shopee menyediakan fitur pengembalian dana untuk melindungi pembeli dari masalah seperti ini.
Jika kamu mengalami kendala dalam pesanan, berikut ini langkah mudah untuk mengajukan pengembalian dana langsung dari aplikasi Shopee.
Cara pengembalian dana di Shopee
Untuk mengajukan pengembalian dana di Shopee, pilih pesanan yang ingin dikembalikan, lalu pilih “Ajukan Pengembalian”, berikut informasi selengkapnya:
Baca Juga: Apakah Investasi Emas di Shopee Aman? Ini Panduan Pembeliannya
1. Akses pesanan Anda
Buka aplikasi Shopee dan masuk ke tab "Saya", Pilih "Dikirim", Pilih pesanan yang ingin Anda ajukan pengembaliannya.
2. Ajukan Pengembalian
Pilih "Ajukan Pengembalian", Pilih alasan pengembalian yang sesuai, Pilih produk yang ingin Anda kembalikan, Klik "Selanjutnya".
3. Isi Informasi Tambahan (Jika Ada)
Pilih alasan pengembalian yang sesuai, Klik "Konfirmasi", Isi kolom "Deskripsi" jika ada, Unggah foto atau video bukti pendukung pengembalian (jika diperlukan), Pilih "Kirim".
Baca Juga: Beli Emas di Shopee dan Tokopedia, Begini Caranya
4. Setelah Pengajuan
Penjual akan diberitahukan mengenai permintaan pengembalian barang/dana Anda.
Penjual harus merespons dalam waktu 2 hari kalender sejak pengembalian barang diterima.
Jika ada perselisihan, Shopee akan turun tangan untuk menengahi situasi.
Baca Juga: 3 Cara Top Up Koin TikTok dari Hp, Bisa Pakai Saldo DANA hingga ShopeePay
Demikian informasi mengenai cara ajukan pengembalian dana di Shopee.
Disclaimer: Sebelum mengajukan pengembalian dana, disarankan untuk terlebih dahulu berkomunikasi langsung dengan penjual melalui fitur chat Shopee. Banyak masalah dapat diselesaikan secara baik-baik melalui komunikasi. Ajukan pengembalian hanya jika tidak ada penyelesaian atau barang tidak sesuai, agar proses berjalan lebih cepat dan lancar tanpa perlu sengketa.