POSKOTA.CO.ID - Pendaftaran PPG Dalam Jabatan (Daljab) Madrasah Batch 3 Tahun 2025 secara resmi telah dibuka bagi guru mata pelajaran agama.
Informasi penting ini diumumkan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kementerian Agama melalui kanal resmi, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan madrasah.
Program ini dirancang sebagai langkah strategis untuk memperkuat profesionalisme guru madrasah dalam mengampu mata pelajaran agama Islam.
Para guru yang memenuhi kriteria wajib segera melakukan pendaftaran mandiri melalui laman resmi EMIS GTK Kemenag di https://emisgtk.kemenag.go.id.
Baca Juga: Link Download Logo PPG Guru Tertentu 2025 PNG HD Terbaru Gratis di Sini
Syarat dan Ketentuan Pendaftaran PPG Daljab Madrasah Batch 3
Agar dapat mengikuti program PPG atau Pendidikan Profesi Guru ini, guru madrasah harus memenuhi sejumlah persyaratan berikut sebagaimana dikutip dari akun Instagram @gtkmadrasah, yaitu:
- Aktif terdaftar di EMIS GTK sebagai guru madrasah.
- Memiliki Tanggal Mulai Tugas (TMT) paling lambat 30 Juni 2023.
- Telah memiliki Nomor Pendidik Kementerian (NPK) yang sudah terverifikasi.
- Memiliki kualifikasi akademik minimal S-1 atau D-IV, yang linier dengan mata pelajaran rumpun agama Islam yang diampu.
- Belum memasuki masa pensiun.
- Belum pernah memiliki sertifikat pendidik sebelumnya.
Selain itu, peserta juga diwajibkan menandatangani dan mengunggah Pakta Integritas sebagai bagian dari proses administrasi pendaftaran.
Fokus pada Penguatan Kompetensi Guru Agama Madrasah
PPG Daljab Madrasah Batch 3 tidak hanya menjadi pintu menuju sertifikasi pendidik, tetapi juga merupakan wujud komitmen Kementerian Agama dalam mencetak guru agama yang kompeten, profesional, dan berintegritas tinggi.
Baca Juga: PPG Calon Guru 2025: Perbedaan dengan PPG Prajabatan, Ini Syarat dan Cara Daftarnya!
Guru yang lolos seleksi wajib mengikuti rangkaian pendidikan dan pelatihan sesuai ketentuan hingga selesai.
Diharapkan, keikutsertaan dalam program ini akan memberikan dampak positif pada proses pembelajaran dan membawa peningkatan mutu pendidikan madrasah secara menyeluruh.