BigBox Perkenalkan BigAssistant, Layanan Chatbot berbasis AI

Selasa 03 Jun 2025, 17:00 WIB
Ilustrasi chatbot berbasis AI dari Telkom BigBox memperkenalkan BigAssistant (Sumber: Dok. Telkom)

Ilustrasi chatbot berbasis AI dari Telkom BigBox memperkenalkan BigAssistant (Sumber: Dok. Telkom)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Efisiensi operasional menjadi kunci kritikal bagi perusahaan untuk tetap bertahan dan unggul di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, salah satu caranya dengan memanfaatkan chatbot PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), seperti BigAssistant dari BigBox AI.

BigBox mengembangkan BigAssistant untuk membantu meningkatkan efisiensi operasional dengan cara mengotomatisasi layanan pelanggan. BigBox sendiri merupakan unit bisnis Artificial Intelligence (AI) dan Big Data Analytics milik Telkom yang menyediakan solusi canggih untuk membantu penggunanya, baik bisnis atau pemerintahan dalam membuat keputusan berbasis data dengan lebih akurat dan efisien.

BigAssistant adalah solusi chatbot berbasis kecerdasan buatan yang dirancang untuk meningkatkan interaksi antara bisnis dan pelanggan dengan memanfaatkan teknologi Generative AI dan Natural Language Processing (NLP). BigAssistant memanfaatkan dua teknologi ini untuk memberikan respons cerdas dan personal dalam berbagai konteks layanan.

Baca Juga: Peduli Lingkungan, Telkom Hitung dan Kompensasi Jejak Karbon Digiland 2025

Teknologi berbasis NLP mampu mengenali maksud percakapan dan memberikan jawaban yang relevan secara tepat waktu. Dengan kemampuan interaksi multimodal, pengguna dapat berkomunikasi melalui teks maupun suara secara alami dan efisien.

Selain itu, BigAssistant dapat terintegrasi langsung dengan sistem backend perusahaan untuk menyajikan informasi real-time seperti status pesanan, jadwal layanan, atau bantuan teknis. Tak kalah pentingnya, fitur personalisasi memungkinkan sistem untuk mempelajari preferensi pengguna dari interaksi sebelumnya, guna menghadirkan layanan yang lebih sesuai dan responsif terhadap kebutuhan masing-masing individu.

BigAssistant memberikan berbagai manfaat nyata bagi dunia bisnis maupun pemerintahan, terutama dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Dengan kemampuan otomatis respon terhadap pertanyaan, teknologi ini mampu mengurangi beban kerja layanan pelanggan dan mempercepat proses penanganan permintaan. Layanan yang tersedia 24 jam selama tujuh hari dengan respon yang cepat dan akurat serta meningkatkan kepuasan pengguna secara signifikan.

Baca Juga: Telkom Sahkan Dewan Komisaris dan Jajaran Direksi dalam RUPST Tahun Buku 2024, Dian Siswarini Ditunjuk Jadi Dirut

Selain itu, BigAssistant dirancang untuk dapat menangani interaksi volume yang tinggi tanpa mengorbankan kualitas, menjadikannya solusi yang sangat terukur . Teknologi ini juga menyediakan data dan wawasan dari setiap interaksi, sehingga membantu organisasi dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dan strategis.

Saat ini, BigAssistant yang pada dasarnya merupakan chatbot berbasis AI, telah dimanfaatkan di berbagai sektor seperti layanan pelanggan, e-commerce , perbankan, dan layanan publik, mendukung terciptanya pelayanan yang lebih responsif, efisien, dan berbasis data.

“Di era digital saat ini, efisiensi operasional tidak lagi menjadi nilai tambah semata, melainkan strategi kebutuhan yang menentukan daya saing. BigAssistant hadir sebagai solusi inovatif yang dikembangkan oleh BigBox AI untuk menjawab tantangan tersebut. Dengan mengotomatisasi layanan dan mengintegrasikan akses terhadap data serta wawasan yang bernilai, BigAssistant memungkinkan perusahaan untuk beroperasi secara lebih gesit, responsif, dan personal. Lebih dari itu, teknologi ini membantu membangun fondasi pengambilan keputusan yang lebih cerdas,” ungkap EVP Digital Business dan Technology Telkom Komang Budi Aryasa dalam siaran pers diterima Selasa, 3 Juni 2025.


Berita Terkait


News Update