POSKOTA.CO.ID - Tahun ajaran baru selalu menjadi momentum istimewa bagi guru, siswa, dan seluruh komunitas sekolah. Hari-hari pertama di ruang kelas adalah fase krusial yang berperan besar dalam membentuk suasana belajar, menciptakan rasa aman, dan menumbuhkan budaya kolaboratif.
Namun, tidak sedikit pendidik yang merasa ragu saat menentukan aktivitas perkenalan yang bukan hanya sekadar ice breaking, melainkan bermakna secara mendalam.
Sebagai jawaban atas kebutuhan tersebut, konsep Deep Learning atau pembelajaran mendalam hadir untuk mengarahkan kegiatan hari pertama sekolah menjadi lebih substantif. Deep Learning dalam konteks pendidikan bukan hanya berkaitan dengan teknologi kecerdasan buatan, melainkan menekankan aspek:
- Pemahaman konseptual
- Berpikir kritis dan kreatif
- Kolaborasi sosial
- Refleksi diri
Berikut 10 ide kegiatan menyambut tahun ajaran baru yang telah disusun secara sistematis agar guru dapat langsung menerapkannya di kelas.
Baca Juga: Walikota Bekasi Temui Gubernur Pramono, Bahas Transportasi, Air Bersih dan Bantargebang
1. Nama dan Gerakan Favoritku
Tujuan
Membantu siswa saling mengenal, melatih memori, dan mengekspresikan diri secara positif.
Langkah-Langkah
- Minta setiap siswa menyebutkan nama lengkapnya disertai satu gerakan favorit, misalnya melompat, menari, atau tepuk tangan.
- Siswa berikutnya wajib mengulangi nama dan gerakan teman sebelumnya, lalu menambahkan nama dan gerakannya sendiri.
- Aktivitas dilanjutkan hingga semua siswa berpartisipasi.
Aspek Deep Learning
- Pemahaman informasi baru (nama dan gerakan)
- Aplikasi daya ingat dalam suasana menyenangkan
- Refleksi terhadap minat pribadi sebagai bentuk identitas
2. Pohon Harapan Kelas
Tujuan
Menumbuhkan harapan kolektif dan membangun budaya positif sejak awal.
Langkah-Langkah
- Guru menyiapkan pohon harapan dari karton besar.
- Siswa menulis satu harapan atau tujuan belajar mereka di kertas berbentuk daun.
- Daun ditempel di pohon secara bergantian sambil membacakan harapannya.
Aspek Deep Learning
- Pemahaman nilai dan visi bersama
- Aplikasi refleksi diri melalui tulisan
- Refleksi kolektif mengenai harapan kelas
3. Siapa Aku? (Tebak Teman)
Tujuan
Mengasah kemampuan observasi, mempererat ikatan sosial, dan melatih empati.
Langkah-Langkah
- Guru mendeskripsikan ciri-ciri seorang siswa tanpa menyebut nama.
- Teman-teman mencoba menebak siapa yang dimaksud.
- Setelah ketahuan, siswa yang dideskripsikan memberikan penjelasan tentang dirinya.
Aspek Deep Learning
- Pemahaman karakter teman
- Aplikasi informasi sosial dalam konteks permainan
- Refleksi pentingnya hubungan interpersonal
4. Puzzle Kelas
Tujuan
Menumbuhkan kolaborasi dan kesadaran akan peran individu dalam kelompok.
Langkah-Langkah
- Tiap siswa menerima potongan puzzle bertuliskan nama sendiri.
- Bersama-sama mereka menyusun puzzle menjadi satu gambar besar yang mewakili kelas.
Aspek Deep Learning
- Pemahaman kontribusi unik setiap individu
- Aplikasi kerja tim dalam pencapaian tujuan bersama
- Refleksi peran pribadi di dalam komunitas belajar
Caption Foto:
Puzzle Kelas menunjukkan bahwa setiap potongan kecil memiliki makna dalam membentuk kebersamaan.
5. Misi Rahasia Sahabat Baru
Tujuan
Melatih empati dan menciptakan atmosfer inklusif.
Langkah-Langkah
- Guru menyiapkan misi rahasia berupa tindakan positif, seperti “Buat 1 teman baru tersenyum hari ini.”
- Di akhir hari, siswa melakukan refleksi: siapa yang berhasil dan bagaimana perasaannya.
Aspek Deep Learning
- Pemahaman empati dalam interaksi sosial
- ksi kebaikan kecil untuk menciptakan hubungan sehat
- Refleksi pengalaman emosional