B. Menggunakan metode presentasi secara individual
C. Melakukan tanya jawab secara lisan untuk mengungkap kedua unsur penilaian tersebut
D. Memikirkan asesmen lain yang lebih tepat dalam mengungkap pemahaman sekaligus mentransfer pengetahuan
E. Menambah jumlah dan variasi soal tes tertulis, serta mengatur ulang waktu pengerjaannya
Kunci Jawaban: A
2. Anda adalah guru matematika kelas 1 SD. Selain ingin mengenalkan bilangan 1 hingga 10, Anda ingin peserta didik juga dapat menuliskan bilangan-bilangan tersebut. Hanya saja, Anda mengamati bahwa ada di antara mereka yang belum mahir dalam memegang alat tulis. Bila Anda menghadapi situasi ini, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?
A. Berupaya untuk menurunkan banyaknya bilangan yang harus ditulis peserta didik
B. Menyadari bahwa tidak semua peserta didik di kelas 1 SD sudah terampil dalam menulis
C. Meminta peserta didik menulis bilangan 1 hingga 5 terlebih dahulu
D. Tetap meminta semua peserta didik untuk dapat latihan menulis bilangan 1 hingga 10
E. Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi kemampuan motorik halus peserta didik
Kunci Jawaban: E