Kuncinya pada kreativitas masyarakat bagaimana menciptakan keunggulan-keunggulan baru. Tahap berikutnya adalah pemberian fasilitas dan perlindungan oleh negara.
Tak kalah pentingnya adalah kebangkitan rakyat Indonesia untuk bangga kepada produk negaranya. Bangga bukan di atas kertas, tetapi menggunakan produk dalam negeri – produk lokal menjadi realitas.
Penggunaan produk dalam negeri secara masif akan mendorong kebangkitan ekonomi kerakyatan yang menyerap cukup banyak tenaga kerja. Puluhan juta UMKM yang tersebar di seluruh penjuru negeri akan hidup dan berkembang yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat secara luas.
Kita tahu, penduduk Indonesia dikenal dunia sebagai konsumen potensial sehingga setiap negara berlomba dapat mengekspor segala produknya ke negara kita. Kita tak bisa menolak karena itulah perdagangan dunia.
Silakan produk dari luar bertebaran, tetapi produk dalam negeri adalah yang utama dan segalanya. Mari kita bangga produk Indonesia. (Azisoko)