DC Pinjol Ganggu Kontak Darurat Nasabah, Ini Solusi Jika Mengalaminya

Minggu 04 Mei 2025, 20:37 WIB
Ilustrasi. Solusi untuk menghadapi DC pinjol yang mengganggu kontak darurat nasabah. (Sumber: Freepik)

Ilustrasi. Solusi untuk menghadapi DC pinjol yang mengganggu kontak darurat nasabah. (Sumber: Freepik)

POSKOTA.CO.ID - Belakangan ini, keluhan mengenai gangguan dari debt collector (DC) terhadap kontak darurat nasabah yang gagal bayar kembali mencuat.

Salah satu laporan datang dari pengguna layanan pinjaman online (pinjol) yang cukup banyak digunakan masyarakat.

Ia mengaku bahwa kontak darurat yang dicantumkannya mendapatkan teror dari pihak yang mengaku sebagai penagih utang.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 APK Pinjol Ilegal April 2025 yang Bisa Curi Data di HP Kamu

Dikutip dari YouTube Solusi Keuangan pada Minggu, 4 Mei 2025, penting untuk diketahui bahwa kontak darurat dalam layanan pinjol bukanlah saluran untuk melakukan penagihan.

Fungsinya semata-mata sebagai data tambahan apabila penyedia layanan tidak bisa menghubungi peminjam secara langsung, bukan sebagai perantara penagihan utang.

Pelanggaran Prosedur oleh Oknum DC

Namun dalam praktiknya, banyak ditemukan kasus di mana kontak darurat justru menjadi sasaran gangguan.

Baca Juga: Data Pribadi Masih Ada di Pinjol Ilegal? Lakukan Cara Ini agar Terhapus!

Perlu dicatat bahwa tidak semua DC resmi melakukan hal ini. Bisa jadi ini adalah ulah oknum atau pihak tak bertanggung jawab yang mengaku sebagai perwakilan Kredit Pintar.

Bahkan, ada kemungkinan pelaku adalah DC freelance atau pihak ketiga yang tidak memiliki hubungan resmi dengan platform pinjaman tersebut.

Kontak Darurat Tidak Pernah Dikonfirmasi

Salah satu kelemahan dari sistem pinjol saat ini adalah tidak adanya proses verifikasi terhadap kontak darurat.

Berbeda dengan perbankan atau kartu kredit yang biasanya melakukan konfirmasi terlebih dahulu, layanan pinjol sering kali langsung menerima data tanpa validasi lebih lanjut.

Akibatnya, siapa pun yang dicantumkan sebagai kontak darurat bisa saja mendapatkan gangguan yang tidak semestinya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gangguan?

Jika Anda atau orang terdekat menjadi korban dari gangguan seperti ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan sumber gangguan tersebut.

Jika benar berasal dari pihak yang mengaku sebagai perwakilan Kredit Pintar, segera lakukan pelaporan ke pihak berwajib atau langsung ke layanan pelanggan resmi Kredit Pintar.

Sebagai langkah antisipatif, Anda juga bisa menginformasikan kepada kontak darurat yang dicantumkan agar tidak menanggapi telepon atau pesan dari pihak-pihak tidak dikenal.

Tidak perlu panik atau memberikan klarifikasi apa pun kepada mereka.

Perlu diketahui bahwa gangguan terhadap kontak darurat oleh oknum DC adalah pelanggaran terhadap etika dan hukum perlindungan konsumen.

Masyarakat diimbau untuk lebih waspada dan tidak ragu melaporkan segala bentuk pelanggaran yang merugikan secara psikologis maupun sosial.

Berita Terkait

News Update