DC Pinjol Ganggu Kontak Darurat Nasabah, Ini Solusi Jika Mengalaminya

Minggu 04 Mei 2025, 20:37 WIB
Ilustrasi. Solusi untuk menghadapi DC pinjol yang mengganggu kontak darurat nasabah. (Sumber: Freepik)

Ilustrasi. Solusi untuk menghadapi DC pinjol yang mengganggu kontak darurat nasabah. (Sumber: Freepik)

Berbeda dengan perbankan atau kartu kredit yang biasanya melakukan konfirmasi terlebih dahulu, layanan pinjol sering kali langsung menerima data tanpa validasi lebih lanjut.

Akibatnya, siapa pun yang dicantumkan sebagai kontak darurat bisa saja mendapatkan gangguan yang tidak semestinya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gangguan?

Jika Anda atau orang terdekat menjadi korban dari gangguan seperti ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan sumber gangguan tersebut.

Jika benar berasal dari pihak yang mengaku sebagai perwakilan Kredit Pintar, segera lakukan pelaporan ke pihak berwajib atau langsung ke layanan pelanggan resmi Kredit Pintar.

Sebagai langkah antisipatif, Anda juga bisa menginformasikan kepada kontak darurat yang dicantumkan agar tidak menanggapi telepon atau pesan dari pihak-pihak tidak dikenal.

Tidak perlu panik atau memberikan klarifikasi apa pun kepada mereka.

Perlu diketahui bahwa gangguan terhadap kontak darurat oleh oknum DC adalah pelanggaran terhadap etika dan hukum perlindungan konsumen.

Masyarakat diimbau untuk lebih waspada dan tidak ragu melaporkan segala bentuk pelanggaran yang merugikan secara psikologis maupun sosial.

Berita Terkait

News Update