JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Debt Collector (DC) lapangan pinjaman online (pinjol) saat ini membuat para nasabah menjadi khawatir atas perilakunya.
Masalah yang dihadapi para nasabah galbay pinjol adalah keberadaan DC lapangan yang sudah dengan beraninya melakukan intimidasi.
Tugas bagi DC lapangan memanglah untuk menagih utang para nasabah galbay. Tapi, perlu diingat bahwa banyak sekali yang menagih dengan cara kasar.
Bagi anda yang menjadi salah satu nasabah galbay, dan belum bisa untuk melunasi utang tersebut. Jangan panik, kami akan memberikan cara cerdas untuk mengatasi gangguan intimidasi dari DC pinjol.
Berikut cara cerdas yang harus anda ketahui:
1. Mengetahui hak dan perlindungan konsumen pinjol, yaitu memahami hak-hak anda sebagai konsumen. Hak tersebut seperti waktu penagihan utang dan larangan penagihan utang kepada nasabah.
Dengan mengetahui hak-hak tersebut dapat memberikan dasar yang kuat saat menangani penagihan kasar dan mengganggu.
2. Dokumentasi bukti komunikasi dengan DC, penting untuk mendokumentasikan bukti komunikasi saat DC datang ke rumah anda. Seperti, panggilan telepon, pesan teks, dan lainnya.
Selain itu, anda perlu mencatat nama DC, waktu, tanggal, dan isi percakapan yang dibahas. Bukti ini nantinya bisa dijadikan bahan laporan apabila ada DC melakukan tindakan kasar.
3. Sampaikan kondisi finansial dengan jujur kepada DC pinjol, anda perlu menyampaikan kondisi finansial dengan jujur kepada pinjaman. Dan anda jangan pernah berikan janji untuk bayar lebih guna menenangkan DC.
4. Ajukan laporan apabila terjadi pelanggaran, yaitu ajukan keluhan atau laporkan kepada pihak berwenang. Proses ini biasanya gratis dan bisa memberikan perlindungan tambahan guna menekankan DC yang melanggar hukum.