POSKOTA.CO.ID - Sedang mempersiapkan diri untuk PPG Guru Tertentu 2025 Tahap 2? Artikel ini menyajikan kunci jawaban lengkap Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 1 dengan fokus pada penerapan prinsip Understanding by Design (UbD) dalam pembelajaran.
Modul 1 dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) mencakup tema besar tentang Pembelajaran Mendalam dan Asesmen dan terdiri dari 4 topik utama.
Di halaman ini, kami secara khusus membahas Topik 1: Menerapkan Prinsip UbD, yang menjadi pondasi dalam perancangan pembelajaran efektif berbasis capaian.
Latihan pemahaman pada topik ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Tujuannya adalah untuk mengukur seberapa dalam pemahaman peserta terhadap konsep dan strategi dalam merancang pembelajaran berbasis UbD.
Perlu diingat, kunci jawaban ini hanya sebagai referensi belajar, bukan untuk mencontek.
Fokus utamanya tetap pada pemahaman materi, karena pemahaman inilah yang akan membantu Anda dalam menghadapi UKPPPG (Uji Kompetensi PPG) secara optimal.
Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 1: Penerapan Prinsip UbD dalam Pembelajaran
Soal 1
Fase-fase yang perlu dilakukan untuk merancang perencanaan pembelajaran berbasis prinsip UbD adalah. . . .
A. Merancang asesmen kegiatan dan tujuan pembelajaran
B. Merancang asesmen tujuan dan kegiatan pembelajaran
C. Merancang kegiatan tujuan dan asesmen pembelajaran
D. Merencanakan tujuan kegiatan dan asesmen pembelajaran
E. Merumuskan tujuan asesmen dan kegiatan pembelajaran
JAWABAN: E. Merumuskan tujuan asesmen dan kegiatan pembelajaran
Soal 2
Pertanyaan “Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan dipahami oleh peserta didik di akhir pengajaran?” digunakan pada tahap...
A. Perencanaan strategi pembelajaran
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. Merancang asesmen
D. Perencanaan kegiatan pembelajaran
E. Perencanaan model pembelajaran
Jawaban: C. Merancang asesmen
Soal 3
Pertanyaan “Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan?” digunakan pada tahap...
A. Merencanakan model pembelajaran
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. Merancang asesmen
D. Merancang kegiatan pembelajaran
E. Merencanakan pendekatan pembelajaran
Jawaban: D. Merancang kegiatan pembelajaran
Soal 4
Alternatif teknik dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), kecuali...
A. Merumuskan TP secara langsung berdasarkan CP
B. Merumuskan TP dengan cara menganalisis 'kompetisi dan lingkup materi pada CP
C. Meruskan TP secara lintas elemen
D. Merumuskan TP dengan memperhatikan karakteristik peserta didik
E. Merumuskan TP berdasarkan intuisi pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
Jawaban: E. Merumuskan TP berdasarkan intuisi pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
Soal 5
Pernyataan yang tepat dalam Kurikulum Merdeka terkait proses memahami adalah...
A. Hierarki pengetahuan tidak digunakan dalam merumuskan CP dan tujuan pembelajaran turunan dari CP
B. Taksonomi pengetahuan tidak menggunakan kata kerja operasional yang spesifik
C. Memberi kebebasan kepada guru mengikuti taksonomi pengetahuan menurut teori yang disukai
D. Pemahaman dimaknai dengan suatu proses kognitif yang kompleks tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendah
E. Menganggap bahwa memahami dapat dicapai tanpa melibatkan proses dan pengalaman belajar yang mendalam serta tanpa memberikan kesempatan untuk menjelaskan menginterpretasi dan mengaplikasikan informasi dengan berbagai perspektif
Jawaban: D. Pemahaman dimaknai dengan suatu proses kognitif yang kompleks tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendah
Soal 6
Ilustrasi yang tidak menggambarkan hubungan pembelajaran dan asesmen adalah...
Baca Juga: 15 Soal PPG Bahasa Inggris 2025 dan Kunci Jawaban untuk Referensi Belajar UKPPG
A. Guru harus memastikan bahwa tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil asesmen awal
B. Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan
C. Sepanjang proses pembelajaran, guru dapat mengadakan asesmen formatif untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran sudah dicapai oleh peserta didik
D. Guru perlu merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran pada saat pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran
E. Proses pembelajaran sebaiknya dilakukan tanpa memperhatikan hasil asesmen, karena hal itu dapat menghambat kreativitas peserta didik
Jawaban: E. Proses pembelajaran sebaiknya dilakukan tanpa memperhatikan hasil asesmen
Soal 7
Setiap mata pelajaran terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali...
A. Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancang pembelajaran yang efektif bagi peserta didik
B. Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas
C. Memberikan kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan peserta didik
D. Memungkinkan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara fleksibel
E. Memastikan peserta didik mencapai kompetisi pembelajaran
Jawaban: B. Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik
Soal 8
Pernyataan terkait kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) berikut yang benar adalah...
Baca Juga: Peserta PPG Tahap 2 Wajib Tahu! Panduan Lengkap Cek Sertifikasi dan Verifikasi NIK di Portal GTK
A. Hasil KKTP dapat digunakan untuk merefleksikan proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik
B. KKTP merupakan standar yang ditetapkan untuk menentukan ketercapaian Tujuan Pembelajaran (TP)
C. KKTP dapat disusun melalui pendekatan rubrik
D. KKTP dapat disusun melalui deskripsi kriteria dan interval nilai
E. Semua benar jawaban
JAWABAN: E. Semua benar jawaban
Soal 9
Pernyataan terkait asesmen awal berikut ini yang kurang tepat adalah...
A. Asesmen awal berfungsi untuk mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian pembelajaran yang ditetapkan
B. Hasil asesmen awal dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut perbaikan berupa intervensi yang tepat
C. Hasil asesmen awal berfungsi untuk mengetahui tingkat kompetensi kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam mencapai Tujuan Pembelajaran (TP)
D. Asesmen awal dapat diterapkan untuk mengetahui kebutuhan peserta didik yang beragam
E. Hasil asesmen awal digunakan untuk memetakan minat kemampuan dan kesiapan belajar peserta didik
Jawaban: A. Asesmen awal berfungsi untuk mendapatkan nilai capaian hasil belajar
Soal 10
"Bagaimana saya mendesain kegiatan pembelajaran agar peserta didik yang beragam dapat mencapai tujuan pembelajaran?" merupakan pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan pada tahap...
A. Merencanakan model pembelajaran
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. Merancang asesmen
D. Merancang kegiatan pembelajaran
E. Merencanakan pendekatan pembelajaran
JAWABAN: D. Merancang kegiatan pembelajaran
Latihan pemahaman ini menjadi bagian penting dalam proses PPG karena membantu guru tidak hanya sekadar menghafal teori, tetapi memahami esensi dari merancang pembelajaran berbasis capaian.
Dengan memahami prinsip Understanding by Design (UbD), guru dapat membangun rancangan pembelajaran yang lebih terarah, terukur, dan berdampak langsung pada proses belajar peserta didik.