B. Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan
C. Sepanjang proses pembelajaran, guru dapat mengadakan asesmen formatif untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran sudah dicapai oleh peserta didik
D. Guru perlu merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran pada saat pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran
E. Proses pembelajaran sebaiknya dilakukan tanpa memperhatikan hasil asesmen, karena hal itu dapat menghambat kreativitas peserta didik
Jawaban: E. Proses pembelajaran sebaiknya dilakukan tanpa memperhatikan hasil asesmen
Soal 7
Setiap mata pelajaran terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali...
A. Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancang pembelajaran yang efektif bagi peserta didik
B. Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas
C. Memberikan kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan peserta didik
D. Memungkinkan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara fleksibel
E. Memastikan peserta didik mencapai kompetisi pembelajaran
Jawaban: B. Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik