Jawaban Reflektif Modul 2 PPG 2025: Pahami Gaya Belajar Siswa untuk Tingkatkan Efektivitas Pembelajaran

Sabtu 14 Jun 2025, 18:45 WIB
Jawaban reflektif modul 2 PPG (Sumber: Pinterest/Acy Poetry)

Jawaban reflektif modul 2 PPG (Sumber: Pinterest/Acy Poetry)

POSKOTA.CO.ID - Ini adalah referensi jawaban untuk Cerita Reflektif Modul 2 PSE Topik 3 tentang Experiential Learning dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2025.

Pertanyaan ini biasanya muncul setelah guru menyelesaikan bagian latihan pemahaman dalam materi Gaya Belajar dan Ruang Belajar Peserta Didik di platform Ruang GTK.

Cerita Reflektif: Ayo, Pahami Gaya Belajar Siswa Kita!

Sebagai tenaga pendidik, saya selalu berupaya menyampaikan pelajaran seefektif mungkin. Namun, saya pernah menemui situasi di mana beberapa murid tampak kurang memahami materi meskipun sudah dijelaskan dengan rinci.

Hal ini mendorong saya untuk merenung: apakah saya sudah benar-benar mengenal cara belajar setiap siswa?

Baca Juga: Contoh Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 PSE PPG 2025: Experiential Learning dalam GTK

Saya kemudian mendalami lebih lanjut mengenai perbedaan gaya belajar siswa, seperti gaya visual, auditori, dan kinestetik. Dengan pengetahuan ini, saya mulai menyesuaikan metode mengajar:

  • Untuk siswa visual, saya menambahkan ilustrasi, diagram, dan warna.
  • Untuk siswa auditori, saya meningkatkan diskusi dan penjelasan verbal.
  • Untuk siswa kinestetik, saya menghadirkan kegiatan praktikal dan melibatkan gerak.

Hasilnya sungguh menggembirakan siswa terlihat lebih semangat, aktif, dan memahami pelajaran dengan lebih baik. Pengalaman ini membuat saya sadar bahwa menyesuaikan cara mengajar dengan gaya belajar murid sangat krusial untuk keberhasilan proses pembelajaran.

Alternatif Reflektif:

Saya menyadari bahwa setiap anak belajar dengan cara yang berbeda. Ada yang cepat memahami dengan melihat, ada yang lebih fokus saat mendengarkan, dan ada yang butuh mencoba langsung untuk bisa paham.

Pengamatan di kelas menunjukkan bahwa pembelajaran yang tidak disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik bisa membuat siswa pasif atau kehilangan semangat.

Oleh karena itu, saya mulai memperhatikan kebiasaan belajar mereka, lalu menyusun metode ajar yang beragam, mulai dari visualisasi, praktik, diskusi, hingga refleksi.


Berita Terkait


News Update