Dalam kerangka ini, jawaban soal PPG yang menyatakan bahwa tujuan PSE adalah "preventif dan promotif" (jawaban D: A dan B benar) menjadi penekanan penting bahwa pendekatan ini bersifat menyeluruh dan proaktif.
CASEL: Pilar Teoretis dan Praktis PSE
Pondasi utama PSE bersumber dari teori kecerdasan emosional, yang menyatakan bahwa penguasaan terhadap emosi adalah kunci sukses dalam kehidupan personal maupun sosial.
CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning) adalah pendekatan yang mengembangkan teori ini ke dalam lima dimensi praktis, yaitu:
1. Kesadaran Diri (Self-awareness)
Kemampuan mengenali emosi, pikiran, dan nilai diri sendiri. Ini menjadi kunci bagi siswa untuk memahami alasan di balik perilaku mereka dan merespons tekanan secara tepat.
Contoh soal: “Kemampuan memahami emosi, pemikiran, dan nilai termasuk komponen…”
Jawaban: B. Kesadaran diri
2. Manajemen Diri (Self-management)
Keterampilan dalam mengatur emosi dan perilaku secara konstruktif.
Contoh: Seorang guru mampu menahan amarah saat menghadapi siswa yang provokatif.
Jawaban soal: B. Manajemen diri
3. Kesadaran Sosial (Social awareness)
Kemampuan untuk menunjukkan empati dan memahami perspektif orang lain.
Contoh: Guru memahami kondisi ekonomi siswanya yang kurang mampu, dan menyesuaikan pendekatan pengajaran.
Jawaban: D. Social awareness
4. Keterampilan Sosial (Relationship skills)
Kemampuan untuk menjalin dan mempertahankan hubungan positif dengan orang lain.
Contoh: Guru menciptakan suasana kelas yang harmonis melalui komunikasi terbuka.
Jawaban: E. Keterampilan sosial
5. Pengambilan Keputusan Bertanggung Jawab (Responsible decision-making)
Keterampilan membuat keputusan yang etis, sehat, dan konstruktif.