Siswa dibagi dalam kelompok untuk mendiskusikan.
- Siapa saja tokoh dalam cerita?
- Apa peran dan karakteristik setiap tokoh?
- Apa nilai-nilai budaya yang terkandung dalam cerita tersebut?
- Guru menekankan pentingnya menghargai keberagaman budaya dalam setiap cerita.
3. Penutup
Siswa menyampaikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
Guru memberikan refleksi bersama dengan bertanya: "Apa nilai yang bisa kita pelajari dari cerita rakyat daerah lain?"
Guru mengajak siswa menulis ringkasan cerita dan menyebutkan tokoh yang paling mereka sukai, disertai alasan.
Refleksi Guru
Pendekatan pembelajaran berbasis CRT hari ini cukup berhasil. Siswa tampak antusias saat cerita yang dibahas berasal dari daerah mereka sendiri.
Bahkan, ketika mendengar cerita dari daerah lain, mereka menunjukkan ketertarikan dan rasa ingin tahu yang tinggi.
Diskusi kelompok mendorong siswa untuk berpikir kritis dan saling menghargai perbedaan.
Kegiatan itu sendiri juga menjadi sarana untuk membangun rasa percaya diri dan identitas kultural siswa dalam lingkungan belajar yang sehat.
Tindak Lanjut
Untuk memperkuat hasil pembelajaran, berikut beberapa rencana tindak lanjut yang akan dilakukan:
- Tugas Rumah: Siswa diminta mencari cerita rakyat dari keluarga atau daerahnya masing-masing untuk dibawakan pada pertemuan selanjutnya.
- Pojok Cerita Nusantara: Guru merancang pojok baca bertema budaya Nusantara di sudut kelas agar siswa dapat mengenal dan membaca cerita rakyat dari berbagai wilayah Indonesia.
Bagi bapak/ibu guru peserta PPG 2025, semoga contoh ini bisa menjadi referensi bermanfaat dalam menyelesaikan tugas jurnal Modul 1 Topik 4.