Meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
Memperkuat identitas budaya dan rasa percaya diri siswa.
Membentuk lingkungan belajar yang inklusif dan adil.
Mendorong kolaborasi antarsiswa dari latar belakang budaya yang beragam.
Baca Juga: Ketua KPPG Banten Adde Rosi Minta Kader Golkar Pandeglang Solid Menangkan Airin di Pilgub Banten
Contoh Jurnal Pembelajaran Modul 1 Topik 4: CRT
Di bawah ini merupakan contoh jurnal yang bisa dijadikan referensi oleh para peserta PPG 2025.
Format yang digunakan cukup sederhana namun mencakup seluruh komponen yang relevan dengan pendekatan CRT.
JURNAL PEMBELAJARAN
- Nama Guru: [Nama Anda]
- Hari/Tanggal: [Isi sesuai pelaksanaan]
- Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
- Kelas: 4 SD
- Topik: Mengidentifikasi Tokoh dan Peranannya dalam Cerita
- Modul Acuan: PPG 2025 Modul 1 - Topik 4: Menerapkan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengidentifikasi tokoh utama dan tokoh tambahan dalam sebuah cerita rakyat serta menjelaskan peran masing-masing tokoh dengan tetap menghargai keberagaman budaya yang terdapat dalam cerita.
Rangkaian Kegiatan Pembelajaran
1. Pembuka
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa menggunakan bahasa daerah yang familiar bagi mereka.
Guru menayangkan cerita rakyat lokal, seperti Legenda Danau Toba, sebagai bentuk pengakuan terhadap identitas budaya siswa.
Guru mengajukan pertanyaan pemantik: "Siapa yang tahu cerita dari daerah kalian? Apa cerita rakyat favorit kalian?"
2. Kegiatan Inti
Siswa membaca atau menyimak cerita rakyat dari daerah asalnya maupun dari daerah lain yang berbeda latar budayanya.