Pakar Komunikasi Politik Jamiluddin Ritonga: Parpol Harus Kreatif Menyasar Gen Z

Sabtu 09 Apr 2022, 12:49 WIB
Ilustrasi: Gen Z membawa poster partai politik. (Foto: Ist).

Ilustrasi: Gen Z membawa poster partai politik. (Foto: Ist).

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pakar komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, mengatakan survei Mavetrick yang menyatakan Gen Z banyak mencari berita politik merupakan kabar gembira bagi Partai Politik (Parpol).

Menurutnya, parpol harus kreatif mengemas pesan-pesan politik agar ketertarikan Gen Z semakin meningkat terhadap berita politik. Untuk itu, parpol harus menyasar Gen Z dengan menyampaikan bebagai pesan politik melalui berbagai media sosial. 

"Komunikasi kepada Gen Z juga perlu dimaksimalkan melalui media online. Sebab, media online banyak memberitakan berita politik," kata Jamil kepada Poskota, Sabtu (9/4/2022).

Selain itu, pemberitaan politik yang melibatkan Gen Z juga dapat dioptimalkan. Menurut Jamil, politisi dapat mengajak Gen Z  dalam kerja-kerja politik. Tujuannya, agar ketertarikan dan minat sesama Gen Z pada politik semakin meningkat.

"Hanya saja peran Gen Z dalam kerja politik politisi jangan hanya sebagai objek. Gen Z harus diperankan sebagai subyek agar dapat mengajak sesama rekannya tertarik masuk ke dunia politik," jelasnya.

Jamil menambahkan, pengetahuan Gen Z tentang politik dapat menyadarkan mereka untuk lebih kritis terhadap kebijakan pemerintah. Hal itu dapat menguatkan kontrol masyarakat terhadap pemerintah.

"Itu sangat diperlukan untuk mengisi kekosongan lemahnya kontrol dari partai politik yang dominan berpihak ke pemerintah. Dengan begitu, kritik terhadap pemerintah tetap menggema di Indonesia. Hal ini dapat tetap menghidupkan demokrasi di tanah air," pungkas Jamil.(*)

Berita Terkait

News Update