Menteri Tjahjo Minta ASN Jangan Terjebak Dalam Zona Nyaman

Rabu 16 Des 2020, 17:25 WIB
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo minta Aparatur Sipil Negara (ASN)  tidak boleh terjebak dalam rutinitas, zona nyaman (comfort zone).

"Sebab itu,  ASN  perlu mengembangkan ide, terobosan, dan kreativitas dalam reformasi pelayanan,"  terang Tjahjo saat meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Pati, Jawa Tengah. MPP ini merupakan MPP ke-33 yang diresmikan secara nasional dan merupakan MPP ke-6 di Provinsi Jawa Tengah.

Tjahjo menegaskan ASN sebagai abdi negara dapat mewujudkan transformasi pelayanan publik melalui Mal Pelayanan Publik (MPP). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Baca juga: Resmikan Mal Pelayanan Publik Kulon Progo, Menpan RB: Persingkat Birokasi

Tjahjo menekankan bahwa saat ini terutama dalam situasi pandemi, merupakan kesempatan bagi para ASN untuk melakukan percepatan dalam mewujudkan transformasi pelayanan.

"Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Saatnya kita bajak momentum krisis ini untuk melakukan lompatan-lompatan besar," ujar Tjahjo.

MPP Kabupaten Pati telah menyatukan 305 jenis layanan dalam 22 gerai yang terdiri dari 13 organisasi perangkat daerah (OPD) dan sembilan instansi vertikal. MPP ini merupakan MPP ke-33 secara nasional dan merupakan MPP ke-6 di Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: Menpan RB Tjahyo Kumolo Mengaku Tidak Pernah Usulkan PNS Peroleh Dana Pensiun Rp1 Miliar

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengatakan MPP merupakan bukti nyata sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah yang berhasil menghilangkan ego sektoral demi kesuksesan program pembangunan. Setiap layanan dari masing-masing instansi telah terintegrasi dalam MPP sehingga dapat meminimalisir ego sektoral yang seringkali menjadi hambatan dalam kemajuan.

Kehadiran MPP bagi masyarakat juga menjadi cerminan komitmen Pemerintah Kabupaten Pati untuk melakukan langkah strategis sebagai bentuk perbaikan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Melalui MPP ini pula Pemerintah Kabupaten Pati mengupayakan langkah progresif dalam menjawab kebutuhan publik akan kemudahan pelayanan. (johara/win)

Berita Terkait

News Update