POSKOTA.CO.ID – Pencairan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk termin kedua resmi dimulai pada bulan Juni 2025.
Penyaluran bantuan ini dilakukan secara bertahap melalui bank penyalur berdasarkan Surat Keputusan (SK) pemberian yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
SK tahap pertama mulai diterbitkan awal Juni, dan tahap berikutnya dijadwalkan menyusul pada awal Juli.
Untuk mengetahui apakah Anda atau anak Anda menjadi penerima bantuan PIP tahun ini, pengecekan status dapat dilakukan secara online dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
Baca Juga: Cara Cek NISN untuk Mengetahui Pencairan Dana PIP Juni 2025, Begini Panduan Lengkapnya
Berikut panduan lengkap cara cek NISN dan status penerima bantuan PIP 2025.
Jadwal pencairan PIP termin 2 2025 bulan Juni
Pencairan dana bantuan PIP termin 2 dijadwalkan berlangsung mulai awal bulan Juni 2025.
Pencairan dilakukan secara bertahap kepada penerima melalui bank penyalur.
Penyaluran dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) pemberian yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek.
SK pemberian tahap pertama mulai dikeluarkan pada awal Juni 2025, dan tahap berikutnya direncanakan pada awal Juli 2025.
Perlu diketahui, untuk pemeriksaan status PIP 2025, harus menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN.
Baca Juga: Pencairan PIP Termin 2 2025 Dimulai Bulan Juni, Berikut Cara Cek Status dan Besaran Bantuannya

Nah, untuk mengetahui NISN, bisa dilakukan secara online. Berikut informasinya:
Apa itu NISN?
Dilansir dari situs resmi Kemdikbud, Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.
Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN.
Baca Juga: Cara Mencairkan Rp900.000 Saldo Dana Bansos PIP Mei 2025, Ikuti Langkah-langkahnya
Cara cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) secara online
Adapun cara cek NISN bisa dilakukan melalui situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).
1. Buka situs resmi https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama/
2. Masukkan nama siswa
3. Masukkan tempat tanggal lahir
4. Masukkan tanggal lahir
5. Masukkan nama ibu
6. Masukkan kode captcha yang tersedia
7. Klik cari data
8. Tunggu dan nantinya akan muncul NISN siswa
Cara cek penerima PIP 2025
1. Siapkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
2. Buka situs resmi yang disebutkan di atas
3. Klik menu ‘Cari Penerima PIP’
4. Masukkan NISN dan NIK (pastikan benar)
5. Klik ‘Cek Penerima PIP’
6. Nantinya sistem akan mencari data dan menampilkan hasil pengecekan
7. Jika siswa terdaftar sebagai penerima PIP, maka informasi mengenai status pencairan dan jumlah bantuan yang akan diterima akan muncul
Selanjutnua, jika dana sudah tersedia, hubungi pihak sekolah untuk proses pencairan lebih lanjut.
Demikian informasi mengenai cara cek NISN untuk bansos PIP.