Cara Amankan Kontak Darurat dari Teror Oknum Debt Collector Pinjol, Simak Selengkapnya

Minggu 08 Jun 2025, 09:22 WIB
Ilustrasi pinjaman online (pinjol). (Sumber: PxHere)

Ilustrasi pinjaman online (pinjol). (Sumber: PxHere)

POSKOTA.CO.ID – Fenomena pinjaman online (pinjol) memang marak, namun tidak sedikit yang berujung pada praktik penagihan yang meresahkan.

Salah satu bentuk yang sering terjadi adalah menghubungi kontak darurat saat peminjam gagal bayar. Padahal, tidak semua orang tahu atau setuju namanya dicantumkan sebagai kontak darurat.

Banyak orang merasa bingung bahkan marah ketika mendapat telepon dari debt collector (DC) pinjol.

Mereka ditelepon berkali-kali, dikirimi pesan-pesan penagihan, hingga dipaksa membantu melunasi utang orang lain. Ini jelas bisa merusak hubungan antara si peminjam dan kontak daruratnya.

Baca Juga: Waspada! Jangan Lakukan Ini Saat DC Pinjol Telepon Kamu Berkali-Kali

Apa Sebenarnya Fungsi Kontak Darurat?

Perlu dipahami, kontak darurat bukanlah penanggung utang. Fungsinya hanya untuk dihubungi jika terjadi keadaan darurat atau tidak bisa menghubungi si peminjam.

Namun kenyataannya, banyak DC pinjol yang menyalahgunakan informasi ini untuk menekan peminjam lewat orang-orang terdekatnya.

Hal ini jelas menyalahi aturan. Dalam praktik yang benar, DC tidak boleh menagih utang kepada kontak darurat.

Mereka hanya diperbolehkan menanyakan keberadaan peminjam atau memberikan informasi ringan, tanpa membahas nominal utang, apalagi menekan atau menyuruh membayar.

Baca Juga: Benarkah DC Lapangan Pinjol Dilarang Menagih ke Rumah Nasabah Mulai Besok? Begini Faktanya

Kontak Darurat Punya Hak Menolak

Jika Anda pernah ditunjuk sebagai kontak darurat dan merasa tidak nyaman, Anda berhak untuk tidak menjawab telepon dari DC.

Bahkan jika Anda memutuskan untuk memblokir nomor mereka, itu adalah hak sepenuhnya.

Berbeda dengan lembaga keuangan resmi seperti bank atau penyedia kartu kredit, proses verifikasi pinjol kerap tidak dilakukan dengan benar.

Banyak pinjol tidak melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada calon kontak darurat. Jadi secara hukum maupun etika, kontak darurat tidak punya kewajiban membantu menyelesaikan utang si peminjam.

Baca Juga: DC Lapangan Ogah Nagih Orang Seperti Ini! Ternyata Begini Cara Aman Saat Galbay Pinjol

Solusi jika Kontak Darurat Terus Dihubungi

Jika kontak daruratmu terus-menerus ditagih, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Minta maaf secara pribadi kepada mereka karena telah mengganggu kenyamanan mereka.
  • Jelaskan situasinya secara jujur, bahwa mereka hanya Anda cantumkan sebagai kontak darurat tanpa ada kewajiban apa pun.
  • Sarankan untuk memblokir nomor DC, agar mereka tidak lagi menerima gangguan.
  • Berikan edukasi singkat bahwa pinjol tidak boleh menagih kontak darurat, dan mereka berhak untuk tidak menanggapi.
  • Jika perlu, laporkan pinjol tersebut ke OJK atau lembaga pengaduan resmi lainnya.

Dengan komunikasi yang baik dan terbuka, Anda bisa menghindari kesalahpahaman dan menjaga hubungan baik dengan orang-orang terdekat.

Baca Juga: Tergiur Pinjol Ilegal Cepat Cair Tanpa KTP? Pahami Bahayanya Sebelum Terjerat

Edukasi Itu Penting

Banyak orang awam masih belum memahami seluk-beluk pinjaman online. Jangan biarkan mereka menjadi korban ketidaktahuan.

Edukasi dan komunikasi yang tepat bisa menghindarkan banyak pihak dari stres yang tidak perlu.

Pinjaman online seharusnya menjadi solusi, bukan sumber masalah.


Berita Terkait


News Update