POSKOTA.CO.ID – Banyak orang merasa ketakutan luar biasa saat menerima panggilan telepon dari debt collector (DC) pinjaman online.
Nada suara yang tinggi, tekanan yang terus-menerus, hingga ancaman tersirat sering membuat nasabah ciut nyali.
Tapi, apakah benar DC lapangan yang datang juga akan bersikap galak seperti itu? Faktanya, tidak selalu demikian.
“Takut karena DC pinjol galak banget nih kalau menelepon. Apakah ini cuma gertakan saja? Padahal sebenarnya pas debt collector-nya datang, baik-baik saja,” ujar Hendra Setyo dalam kanal YouTube Fintech ID, dikutip oleh Poskota pada Senin, 1 Juni 2025.
Perbedaan Sikap Antara DC Telepon dan DC Lapangan
Hendra menjelaskan bahwa sikap galak dari DC yang menelepon biasanya hanya bagian dari strategi mereka.
Tujuan utamanya adalah agar penagihan bisa selesai tanpa perlu menurunkan tim lapangan.
“Kadang, yang via telepon itu memang terdengar lebih 'galak', dalam tanda kutip. Tapi sebenarnya itu hanya cara agar urusan selesai di tahap awal saja, tanpa harus turun ke lapangan,” jelasnya.
Langkah ini dilakukan untuk menghemat waktu dan biaya operasional perusahaan pinjol. Maka dari itu, tim penagihan lewat telepon seringkali terdengar menekan, agar debitur segera melakukan pembayaran.
Baca Juga: 3 Aplikasi Pinjol Legal Sudah Terdata di OJK, Cek Rekomendasinya di Sini
Kenyataannya, DC yang Datang Justru Bisa Lebih Sopan
Berbeda dari yang dibayangkan, tak sedikit debitur yang mengaku bahwa ketika debt collector benar-benar datang ke rumah, sikap mereka justru biasa saja.