POSKOTA.CO.ID - Pembalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins, meragukan peralihan kapasitas mesin motor MotoGP ke 850cc yang lebih kecil pada tahun 2027 akan membuat keselamatan lebih terjamin.
Di tengah dominasi motor-motor Ducati pada kelas utama saat ini, era motor 850cc di kelas MotoGP pada tahun 2027, juga diharapkan bisa membuat kekuatan tim-tim lebih merata.
Alex Rins ragu penggunaan motor 850cc akan secara signifikan mengubah tingkat performa di kelas utama.
Rider asal Spanyol itu, mengapresiasi dan memahami langkah itu, juga merupakan dorongan untuk mengurangi kecepatan tertinggi dan meningkatkan keselamatan.
Baca Juga: Rencana Persib Datangkan Dewangga dan Hamra Hehanussa Terganjal Sanksi FIFA?
"Sejujurnya, saya tidak berpikir di tahun 2027 semuanya akan menjadi lebih aman (motor jadi lebih lambat)," kata Alex Rins dikutip dari laman Crash.
"Tentu, sedikit saja, mengeluarkan perangkat belakang dan hal-hal seperti ini akan membantu."
"Namun dengan mesin yang lebih kecil, itu tidak akan mengubah apa pun," ujarnya.
Alex Rins merujuk pada kasus dan pengalamannya saat masih membalap di kelas Moto3.
"Di Moto3, saat saya berkompetisi, ada 500 putaran lebih banyak. Namun, pada tahun pertama mereka memangkas 500 putaran, mereka bahkan lebih cepat," jelasnya.
Fokus ke Area Runoff
Menurut Alex Rins, yang seharusnya dipikirkan oleh penyelenggara adalah area runoff untuk mengurangi dampak ketika seorang pembalap mengalami crash.
Alex Rins membagikan pengalamannya setelah mengalami crash di Grand Prix Spanyol. Dia sempat berdiskusi dengan Loris Capirossi, eks pembalap MotoGP yang saat ini menjabat Safety Advisor MotoGP.
Baca Juga: Uruguay Tertarik Tantang Timnas Indonesia dalam Laga FIFA Matchday, Menpora Sambut Positif
Area runoff adalah area di tepi lintasan yang dirancang untuk memberi perlindungan kepada pembalap jika keluar dari lintasan atau terjatuh.
"Setelah kecelakaan, saya menelepon Loris Capirossi dan dia mengatakan bahwa untuk tahun depan, rencananya adalah memperbaiki area runoff tersebut," jelas Alex Rins.
"Untuk tahun ini, mereka memperbaiki tikungan 1-2 dan untuk tahun depan rencananya adalah tikungan 4."
MotoGP akan memasuki era 850cc pada tahun 2027 mendatang dan tim-tim mulai mempersiapkan diri menghadapinya.
Seperti Honda yang sedang membangun proyek untuk mengembalikan kejayaan. Salah satunya berencana merekrut Jorge Martin.