Di sisi lain, sekolah Anda tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan praktik, sehingga Anda cukup kesulitan untuk melakukan proses pembelajaran dan penilaian. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
A. Hanya akan memberikan tes yang bersifat tertulis dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana praktik tersebut.
B. Tetap akan melakukan penilaian keterampilan dengan meminjam lapangan bola voli terdekat.
C. Memahami pentingnya metode observasi untuk mengetahui keterampilan praktik peserta didik dalam bermain voli.
D. Membuat panduan observasi yang dapat digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di sekolah terbatas.
E. Berusaha menyusun pedoman observasi sederhana pada gerakan-gerakan yang bersifat dasar.
Kunci jawaban: D. Membuat panduan observasi yang dapat digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di sekolah terbatas.
4. Anda adalah guru kelas dengan peserta didik yang selama ini seluruhnya berasal dari suku Jawa. Kebetulan semester ini ada peserta didik baru yang pindah dari luar Jawa, dan tentu saja ia tidak menguasai Bahasa Jawa.
Padahal selama ini Anda terbiasa ketika di kelas menyelipkan Bahasa Jawa ketika menjelaskan sesuatu, meskipun bahasa pengantar pembelajaran secara resmi adalah Bahasa Indonesia. Apa kemudian tindakan Anda saat menghadapi situasi di atas?
A. Menggunakan Bahasa Indonesia pada semua materi yang diajarkan di kelas.
B. Meminta peserta didik yang baru pindah untuk segera belajar bahasa Jawa.
C. Menyadari tantangan yang dihadapi peserta didik pindahan dalam memahami materi.