JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menargetkan 44 puskesmas tingkat kecamatan di ibu kota memiliki atau membuka layanan konseling psikologi pada tahun ini.
Kepala Dinkes DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, mengatakan, saat ini sudah ada 28 puskesmas yang memiliki layanan psikologi.
"Saat ini 28. Target tahun ini, seluruh puskesmas 44 (kecamatan), semua ada psikolog," ujar Ani saat dihubungi Poskota, Minggu, 10 Agustus 2025.
Ani menyampaikan, warga yang membutuhkan layanan psikologi nantinya, dapat langsung mengakses layanan di puskesmas kecamatan maupun rumah sakit umum daerah (RSUD) yang telah memiliki tenaga psikolog.
Baca Juga: Dinkes Jakarta Beberkan Alasan Terapkan Layanan Psikologi di Puskesmas
"Dukungan psikolog dapat mengakses layanan psikologi di 28 Puskesmas kecamatan dan RSUD," ucap Ani.
Selain layanan tatap muka, Ani menyebut, Dinkes Jakarta juga menyediakan fasilitas telekonsultasi dengan psikolog klinis melalui aplikasi JakCare. Layanan ini dapat diakses secara gratis oleh masyarakat.
"Selain itu ada layanan telekonsultasi dengan Psikolog Klinis yang dapat diakses melalui JakCare secara gratis," kata Ani.
Baca Juga: Layanan Psikolog di Puskesmas Jakarta Beri Ruang Inklusif bagi Masyarakat
Kendati demikian, Ani tak merinci 28 puskesmas yang telah memiliki layanan psikologi.
Namun, di Puskesmas Kecamatan Cakung, Jakarta Timur sudah memiliki layanan psikologi.
Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Cengkareng, Sulung, mengatakan layanan psikologi sudah ada di tempatnya tersebut.
“Oh iya, sudah ada layanan psikolog klinis di Puskesmas Cengkareng," ujar Sulung saat dihubungi Poskota, Minggu, 10 Agustus 2025.
Namun, Sulung menyampaikan bahwa layanan itu, baru akan beroperasi pada bulan ini.
"Kami baru buka bulan ini karena memang baru mendapat SDM psikolog klinis tahun ini,” ujar Sulung.
Puskesmas Kecamatan Kembangan sudah lebih dulu menyediakan layanan psikologi klinis.
Sedangkan Puskesmas Kembangan, membuka pelayanan psikologi setiap hari mulai pukul 07.30 WIB.
“Alhamdulillah, rutin setiap hari. Pendaftaran dibuka hingga pukul 14.00, dan pelayanan berlangsung sampai pukul 16.00,” kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kembangan, Rosvita Nur Aini.
Rosvita mengatakan, jika ada perubahan jadwal karena kegiatan lapangan, informasi akan disampaikan melalui loket puskesmas dan media sosial resmi.
"Karena kadang ada jadwal ke lapangan, perubahan pelayanan akan diinformasikan via loket langsung, juga media sosial," kata Rosvita.
Rosvita menyebut, layanan psikologi klinis di Puskesmas Kembangan juga terlibat dalam program telekonsultasi JakCare sesuai jadwal dari Dinkes Provinsi DKI Jakarta.
"Untuk JakCare Psikolog Klinis PKM Kembangan sudah terlibat sesuai jadwal dari Dinkes Prov DKI Jakarta," ucap Rosvita. (cr-4)