Operator akan melakukan perbaikan data melalui:
- Aplikasi Dapodik versi terbaru
- Portal manajemen Dapodik di laman resmi: sp.datadik.kemdikdasmen.go.id
Semua pembaruan harus dilakukan sesuai standar verifikasi Kemendikbud agar nantinya bisa tersinkronisasi dengan server pusat Info GTK.
Baca Juga: Rekomendasi Lomba Menarik buat Acara 17 Agustusan, Cek di Sini
4. Lakukan Sinkronisasi Ulang
Setelah perbaikan selesai, sinkronisasi ulang Dapodik adalah tahap penting yang tidak boleh dilewatkan. Tanpa proses ini, perubahan yang dilakukan tidak akan dikirim ke server pusat dan status tetap akan terbaca sebagai "TIDAK VALID."
Proses sinkronisasi umumnya membutuhkan waktu 1 hingga 3 hari kerja hingga data terkini muncul pada Info GTK.
5. Lakukan Verifikasi Ulang Secara Berkala
Setelah tenggang waktu tersebut, guru disarankan untuk melakukan pengecekan ulang melalui laman Info GTK.
Jika proses berhasil, maka status akan berubah menjadi "VALID" dan proses pencairan insentif atau TPG pun bisa dilanjutkan.
Perlu dicatat bahwa dalam beberapa kasus, akses ke Info GTK dapat mengalami gangguan. Jika gagal masuk, guru dapat mencoba menggunakan akun PTK masing-masing atau login melalui jalur alternatif yang tersedia di portal GTK..