BOGOR TENGAH, POSKOTA.CO.ID – Tiga calon Sekda Kota Bogor menjalani tahapan akhir seleksi berupa wawancara langsung dengan Wali Kota Dedie A. Rachim di Balai Kota, Jumat, 13 Juni 2025.
Ketiganya adalah Denny Mulyadi, Sri Nowo Retno, dan Eko Prabowo yang sebelumnya dinyatakan lolos asesmen.
Seleksi tersebut menjadi penentu sebelum proses administratif dan penetapan resmi dilakukan. Asesmen sebelumnya dipimpin Wakil Wali Kota Jenal Mutaqin, dengan mempertimbangkan rekam jejak, pengalaman, hingga kapasitas kepemimpinan.
“Semua calon memiliki latar belakang kuat dan pengalaman yang tidak diragukan karena mereka adalah ASN atau PNS terbaik di Kota Bogor. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk menentukan siapa yang paling tepat mengisi posisi Sekda,” ujar Dedie usai wawancara.
Baca Juga: Lampu Lalu Lintas di Simpang Pakansari Bogor Mulai Diuji Coba
Dedie menyatakan akan menggunakan satu hingga dua hari ke depan untuk menyelesaikan evaluasi dan berkonsultasi dengan berbagai pihak. Ia menargetkan nama terpilih diumumkan sebelum Senin, 16 Juni 2025.
“Kalau memungkinkan, saya umumkan sebelum Senin. Namun keputusan tersebut belum sepenuhnya final karena masih ada mekanisme administratif yang harus dilalui. Setelah itu, masih diperlukan waktu tambahan untuk menentukan kapan pelantikan bisa dilaksanakan,” jelasnya.
Dedie juga mengapresiasi semangat dan komitmen ketiga calon. Menurutnya, seluruh kandidat menunjukkan motivasi dan visi yang sejalan untuk membangun Kota Bogor.
Baca Juga: Pembobol Rumah Anggota Bareskrim di Bogor Ditangkap
Motivasi dan Visi Para Calon Sekda
Ketiga calon menyampaikan motivasi serta visi mereka dalam sesi wawancara:
- Denny Mulyadi menekankan pentingnya peran Sekda dalam mendukung jalannya pemerintahan dan mengawal visi-misi kepala daerah hingga 2030.
- Sri Nowo Retno menyatakan komitmennya untuk memastikan implementasi kebijakan Wali Kota lewat koordinasi yang solid antarperangkat daerah.
- Eko Prabowo mengibaratkan Sekda sebagai sosok ibu yang mampu merangkul dan mengayomi. Ia menekankan pentingnya komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dalam menciptakan suasana kerja yang harmonis. (cr-5)