Peserta didik diajak mengamati fenomena cahaya di sekitar, dilanjutkan dengan pembuatan produk sederhana (misalnya, periskop) sebagai stimulus.
Inti
Pemberian materi interaktif tentang sifat-sifat cahaya (merambat lurus, dapat dipantulkan, dibiaskan, dan menembus benda bening) melalui eksperimen sederhana. Peserta didik mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) secara kolaboratif.
Penutup
Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran mengenai 4 sifat cahaya dan implikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Kesimpulan Penerapan
Penerapan kerangka UbD dalam merancang pembelajaran materi "Cahaya dan Sifatnya" terbukti sangat efektif dalam membimbing peserta didik mencapai pemahaman konsep yang mendalam dan keterampilan aplikatif.
D. Refleksi
Refleksi Diri Secara keseluruhan, pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan tercapai. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, yaitu manajemen waktu untuk kegiatan eksperimen agar lebih optimal, serta kejelasan instruksi LKPD perlu lebih diperinci agar peserta didik dapat bekerja secara mandiri.
Umpan Balik dari Rekan Sejawat "Perancangan dengan UbD sudah sangat terstruktur. Tujuan, asesmen, dan kegiatannya sangat sinkron dan relevan dengan capaian pembelajaran."
Dokumentasi (Sertakan foto-foto relevan saat pembelajaran di kelas yang menunjukkan implementasi kegiatan.)
Itulah contoh pembuatan jurnal modul 1 PPG 2025 untuk PGSD. Semoga bermanfaat!