POSKOTA.CO.ID - Bagi Anda peserta PPG 2025, bisa melakukan persaipan dengan memahami Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 4.
Modul ini hadir lengkap dengan kunci jawaban untuk membantu Anda memahami konsep penting Culturally Responsive Teaching (CRT).
Modul ini menjadi bagian krusial dalam pembelajaran mandiri Anda, memastikan Anda siap mengintegrasikan keberagaman budaya di kelas.
Topik Culturally Responsive Teaching (CRT) berfokus pada pendekatan pembelajaran yang menghargai dan mengintegrasikan latar belakang budaya peserta didik.
Baca Juga: PPG 2025: Jangan Sampai Salah, Inilah Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Lapor Diri
Dalam Modul 1 Topik 4 PPG 2025 ini, Anda akan diuji pemahaman Anda melalui 10 soal pilihan ganda.
Seluruh soal dapat diakses melalui platform Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) selama pelaksanaan PPG Guru Tertentu Dalam Jabatan 2025.
Sebagai bahan belajar tambahan, kami menyajikan soal dan kunci jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 4 yang bersumber dari channel YouTube Bimble Online.
Baca Juga: Peluang Emas bagi Lulusan PPG, Kemensos Buka Lowongan 1.554 Guru Sekolah Rakyat
Soal dan Kunci Jawaban Lengkap Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 4 PPG 2025
Berikut adalah 10 soal beserta kunci jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 4 mengenai Culturally Responsive Teaching (CRT), antara lain:
- Pembelajaran dengan pendekatan CRT dirancang dengan mengacu pada. . .
- A. Latar belakang pendidikan peserta didik
- B. Latar belakang keluarga peserta didik
- C. Latar belakang pertemanan belajar peserta didik
- D. Latar belakang budaya peserta didik
- E. Latar belakang sekolah peserta didik
Jawaban dari soal ini adalah: D. Latar belakang budaya peserta didik
Baca Juga: Cara Efektif Menyusun Jurnal PPG 2025 Modul 1: Implementasi Prinsip Understanding by Design
- Pembelajaran dengan pendekatan CRT mempertimbangkan komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih baik, kecuali...
- A. Kebiasaan
- B. Karakter
- C. Pengalaman
- D. Perspektif
- E. Prestasi
Jawaban: E. Prestasi
- Komponen pembelajaran yang dapat melewatkan pertimbangan latar belakang budaya peserta didik adalah...
Baca Juga: Contoh Jurnal PPG 2025 Modul 1 Topik 4: CRT dengan Format Simpel dan Mudah Ditiru
- A. Tujuan pembelajaran
- B. Materi ajar
- C. Kegiatan pembelajaran
- D. Sumber pembelajaran
- E. Media pembelajaran
Jawaban: A. Tujuan Pembelajaran
- Guru perlu memiliki kesadaran multikultural yang kritis untuk...
- A. Menguji nilai budaya secara objektif
- B. Menguji kepercayaan secara objektif
- C. Memberikan kepekaan yang lebih besar terhadap sejarah
- D. Mengembangkan keterampilan interpersonal yang baik
- E. Semua benar
Jawaban: E. Semua Benar
- Manfaat dari pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah, kecuali...
- A. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik
- B. Meningkatkan keterlibatan peserta didik
- C. Meningkatkan keterampilan sosial dan emosional peserta didik
- D. Meningkatkan kepuasan peserta didik dan guru
- E. Meningkatkan kehadiran peserta didik di sekolah
Jawaban: E. Meningkatkan kehadiran peserta didik di sekolah
- Salah satu tahapan pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah identitas pendidik. Pada tahapan ini diharapkan...
- A. Peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan mengambil maknanya.
- B. Peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan mengaitkannya dengan budayanya sendiri.
- C. Peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan merefleksikan hal tersebut dengan karakter dirinya.
- D. Peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.
- E. Peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan budaya negaranya.
Jawaban: D. Peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.
- Pada suatu pertemuan, peserta didik Pak Widi sangat antusias ketika membandingkan hasil diskusi terkait budaya dengan topik yang sedang mereka pelajari. Namun, Pak Widi pun menyadari bahwa beliau perlu mengambil peranan dalam diskusi tersebut agar pembelajaran tetap pada jalurnya. Dalam hal ini, Pak Widi dapat berperan sebagai…
- A. Motivator
- B. Fasilitator
- C. Pendamping
- D. Instruktur
- E. Pengambil kesimpulan
Baca Juga: Mengapa Need Assessment Wajib Dilakukan dalam Layanan BK? Ini Jawaban Resmi PPG
Jawaban: B. Fasilitator
- Pak Rafi sedang melakukan pembelajaran dengan pendekatan CRT di kelasnya. Peserta didiknya kebingungan mencari benang merah antara materi yang sedang dipelajarinya dengan budayanya. Hal yang dapat dilakukan Pak Rafi adalah....
- A. Meminta para peserta didik untuk saling berkolaborasi dan mencari informasi dari berbagai sumber.
- B. Meminta para peserta didik untuk berusaha memecahkan permasalahan tersebut sebisanya.
- C. Meminta para peserta didik untuk mencari jawaban pada buku teks.
- D. Meminta para peserta didik untuk mencari jawaban pada warga sekolah melalui wawancara.
- E. Meminta para peserta didik untuk berdiskusi dan bila masalah belum terpecahkan langsung diberikan solusinya.
Jawaban: A. Meminta para peserta didik untuk saling berkolaborasi dan mencari informasi dari berbagai sumber.
Baca Juga: Lulus PPG 2024, 215 Guru Honorer di Pandeglang Belum Terima Tunjangan Sertifikasi
- Daffa adalah seorang peserta didik asal Kalimantan. Dia mengikuti orang tuanya pindah rumah ke Bandung. Teman-teman di sekolahnya mayoritas bersuku Sunda. Daffa merasakan kesulitan untuk beradaptasi karena perbedaan budaya. Berikut ini hal yang dapat diprioritaskan guru untuk membantu Daffa, kecuali....
- A. Menciptakan hubungan yang saling menghargai antara sesama peserta didik apapun kondisi latar belakang mereka.
- B. Memberikan sikap yang ramah untuk membuat ia merasa nyaman.
- C. Memberikan sambutan yang baik dari sesama peserta didik maupun guru.
- D. Memberikan motivasi agar ia tidak merasa rendah diri dihadapan teman-temannya.
- E. Memberikan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia dapat meningkatkan kemampuan akademiknya.
Jawaban: E. Memberikan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia dapat meningkatkan kemampuan akademiknya.
- Ibu Asri adalah guru Bahasa Inggris. Hari ini Ibu Asri ingin peserta didiknya bercerita tentang makanan tradisional dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh Bu Asri, kecuali....
Baca Juga: SPPG Pandeglang Sebut Kerja Sama dengan Pemasok Bahan MBG tanpa Kontrak
- A. Menghadirkan penjual makanan tradisional setempat sebagai salah satu inspirasi peserta didik dalam membuat cerita.
- B. Menghadirkan berbagai macam makanan tradisional kemudian meminta peserta didik memilih salah satunya untuk dijadikan sebagai bahan cerita.
- C. Mengajak peserta didik membuat makanan tradisional sebagai bahan untuk membuat cerita.
- D. Meminta peserta didik mencari informasi tentang makanan tradisional dari berbagai sumber dalam membuat cerita.
- E. Menayangkan video yang menceritakan jenis-jenis makanan tradisional sebagai referensi peserta didik dalam membuat cerita.
Jawaban: C. Mengajak peserta didik membuat makanan tradisional sebagai bahan untuk membuat cerita.
Demikian informasi terkait latihan soal PPG 2025, untuk persiapan Anda mengikuti seleksinya.