"Alangkah baiknya fokus mencari solusi dan peluang rezeki baru untuk menyelesaikan masalah utang tersebut," paparnya.
2. Membayangkan Hal-Hal yang Belum Tentu Terjadi
Banyak nasabah yang terjebak dalam ketakutan terhadap hal-hal yang belum tentu terjadi, seperti:
- Data akan disebar
- Keluarga dan kantor akan dihubungi
- Rekening akan diblokir, BPJS diretas, dan lainnya.
Faktanya, mayoritas ancaman ini tidak pernah terbukti. Karena hal tersebut hanyalah taktik penagihan yang menggunakan sugesti dan tekanan psikologis.
Maka dari itu, berhentilah memenuhi pikiran dengan ketakutan yang tidak berdasar.
Baca Juga: DC Lapangan Pinjol Datang ke Rumah Minta Uang Transport? Begini Cara Menghadapinya
3. Selalu Membaca dan Merespon Pesan Penagihan
Kesalahan berikutnya adalah menanggapi chat, email, atau telepon dari DC pinjol.
Saat Anda menyatakan tidak mampu membayar, jangan membaca atau membalas pesan penagihan, apalagi sampai memohon-mohon.
Ini justru membuat Anda jadi prioritas penagihan dengan tekanan yang lebih besar.
Satu kali Anda merespon, mereka akan terus menghubungi dan menggunakan kata-kata yang makin kasar.