Jika tidak diangkat, mereka akan terus menghubungi. Setelah tiga hingga empat hari keterlambatan, biasanya penagihan akan mulai dilakukan melalui WhatsApp.
Baca Juga: Tak Usah Khawatir! Ini Solusi Mengatasi Masalah Galbay Pinjol
Ancaman akan Diteruskan ke Tim Lapangan
Setelah beberapa hari keterlambatan, pesan-pesan penagihan akan mulai menggunakan nada lebih serius, misalnya dengan menyebutkan akan diteruskan ke tim lapangan.
"WA-nya pun juga masih baik-baik ya. 'Akan kami teruskan ke tim penagihan.' Teleponnya pun juga kadang berbunyi seperti itu. 'Tim lapangan akan segera datang ke rumah,'" ucap Hendra.
Bagi sebagian orang, hal ini terasa seperti ancaman.
Namun, penting untuk diingat bahwa ini merupakan bagian dari strategi penagihan dan belum tentu langsung berujung pada tindakan nyata.
Baca Juga: Harga Emas Naik, Warga Justru Gunakan Pinjol untuk Beli Logam Mulia, Aman atau Bahaya?
Intensitas Menurun Setelah Satu Bulan
Menjelang satu bulan keterlambatan, biasanya penagihan mulai lebih intens.
Namun, setelah satu bulan, intensitas tersebut umumnya mulai menurun.
"Setelah satu bulan, insyaallah sudah aman. Insyaallah tidak akan terjadi yang, bukannya gimana-gimana ya, biasanya akan agak menurun tuh intensitas penagihannya," tutur Hendra.
Baca Juga: Jangan Anggap Remeh! Gagal Bayar Pinjol Ada Hukumnya, Pidana atau Perdata? Simak Penjelasannya
Kehadiran DC Lapangan Tergantung Lokasi
Tidak semua pinjol mengirimkan tim lapangan (DC lapangan), dan kehadiran mereka pun sangat bergantung pada lokasi debitur.