Gunung Agung Erurpsi, Pelayanan Maskapai Penerbangan Harus Tetap Baik

Sabtu 02 Des 2017, 20:09 WIB

JAKARTA (Pos Kota) - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan maskapai penerbangan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang sesuai peraturan yang berlaku. "Jangan karena erupsi Gunung Agung lantas pelayanan menurun,"tutur Agus berkaitan adanya keterlambatan dan pembatalan penerbangan karena adanya bencana alam erupsi Gunung Agung di Bali. Ratusan penerbangan dari maskapai nasional dan internasional di dua bandara, yaitu Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar Bali dan Bandara Internasional Lombok Praya terganggu. Ribuan penumpang tertahan di dua bandara tersebut dan bandara lain karena terganggu penerbangannya saat hendak ke Bali dan Lombok. Menurutnya, pelayanan yang baik akan berdampak jangka panjang kepada penumpang sehingga kesinambungan bisnis maskapai akan tetap terjaga. Pelayanan yang diberikan hendaknya sesuai dengan PM 89 tahun 2015 tentang Delay Management. Agus mengingatkan erupsi Gunung Agung belum benar-benar selesai sehingga masih diperlukan kewaspadaan dan kemungkinan masih akan dilakukan buka-tutup bandara lagi. "Penyelenggara penerbangan dan penyelenggara bandara serta ground handling untuk ikut bekerjasama membantu memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang," harap dirjen. Dikatakannya pengelola bandara bisa memberikan tempat yang nyaman untuk para penumpang beristirahat. Sementara itu groundhandling bisa bekerja lebih cepat namun tetap dengan menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, sehingga keterlambatan penerbangan bisa diminimalisir. (dwi)


News Update