Royal Enfield Classic 650. (Sumber: POSKOTA | Foto: Erwan Hartawan)

OTOMOTIF

Test Ride Royal Enfield Classic 650: Motor Bergaya Retro dan Teknologi Modern

Sabtu 01 Nov 2025, 17:33 WIB

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Royal Enfield kembali mengguncang pasar motor besar di Indonesia dengan meluncurkan Classic 650, motor bergaya retro yang dipadukan dengan teknologi masa kini. Model ini resmi dikenalkan pada Juli 2025 dan menjadi varian tertinggi Royal Enfield yang dipasarkan di Tanah Air.

Untuk memperkenalkan performanya, Royal Enfield Indonesia menggelar sesi uji kendara (media test ride) di kawasan Summarecon Bogor, di mana sejumlah jurnalis otomotif berkesempatan merasakan langsung sensasi motor bermesin 648cc tersebut.

Royal Enfield Classic 650 mengandalkan mesin dua silinder berkapasitas 648cc yang mampu memuntahkan tenaga hingga 47 PS pada 7.250 rpm dan torsi 52,3 Nm di 5.650 rpm. Mesin ini merupakan unit yang sama dengan milik Interceptor 650, Continental GT 650, Super Meteor, dan Shotgun.

Tenaga disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan yang sudah dilengkapi slip & assist clutch, membuat perpindahan gigi terasa ringan dan halus.

Baca Juga: Hyundai Motor Mulai Bangun Fasilitas Produksi Sel Bahan Bakar Hidrogen di Korea

Secara dimensi, Classic 650 memiliki panjang 2.318 mm, lebar 892 mm, tinggi 1.137 mm, serta jarak sumbu roda 1.475 mm. Dengan bobot mencapai 240 kilogram dan tangki berkapasitas 14,8 liter, motor ini tampak bongsor, namun tetap nyaman dikendarai.

Posisi duduk terasa ergonomis untuk pengendara dengan tinggi sekitar 170 cm. Setang lebar serta posisi kaki yang sedikit maju menciptakan postur santai, cocok untuk berkendara di dalam kota maupun perjalanan jarak jauh.

Saat mesin dihidupkan, suara khas dua silinder Royal Enfield terdengar halus namun tetap punya karakter bass yang tebal. Akselerasi terasa lembut sejak putaran bawah, dan torsi merata di seluruh putaran mesin.

Meski berukuran besar, Classic 650 tetap mudah dikendalikan. Saat melintas di tikungan atau jalan padat, bobot motor terasa seimbang sehingga pengendalian lebih stabil.

Untuk menopang kenyamanan, Royal Enfield membekali Classic 650 dengan suspensi depan teleskopik 43 mm dan dual shock absorber di belakang. Saat melewati jalan bergelombang, bantingannya terasa lembut dan stabil.

Sistem pengereman menggunakan cakram depan 320 mm dan cakram belakang 300 mm dengan kaliper twin piston. Rem depan terasa progresif, sementara rem belakang memberikan respons cepat tanpa membuat roda terkunci.

Pengendara akan merasakan sensasi khas motor klasik saat melaju dengan kecepatan sedang. Torsi lembut, getaran mesin minim, dan suara knalpot yang halus membuat Classic 650 menyenangkan dikendarai dalam berbagai kondisi jalan.

Motor ini menawarkan pengalaman berkendara yang tenang dan penuh karakter sebuah kombinasi antara gaya retro dan kenyamanan modern.

Baca Juga: Cara Ganti Baterai Smart Key NETA V-II, Begini Langkah Aman dan Mudahnya

Royal Enfield Classic 650 hadir dalam beberapa pilihan warna menarik. Vallam Red dan Bruntingthorpe Blue dibanderol Rp236.100.000 dan Teal Green dijual Rp239.800.000. Black Chrome menjadi varian tertinggi dengan harga Rp242.800.000.

Selain itu, tersedia Genuine Motor Accessories (GMA) untuk pengendara yang ingin melakukan personalisasi. Paket Classic menyediakan engine guard dan pannier, sedangkan versi Classic Tourer dilengkapi tambahan fog lamp, engine guard airfly, dan foot peg.

Secara kesimpulan, dengan tampilan klasik khas Royal Enfield, performa mesin dua silinder bertenaga, serta kenyamanan tinggi untuk harian maupun touring, Royal Enfield Classic 650 menjadi pilihan menarik bagi pecinta motor bergaya retro yang menginginkan pengalaman berkendara berkelas dan autentik.

Tags:
spesifikasi Royal Enfield Classic 650harga Royal Enfield Classic 650Royal Enfield Classic 650

Erwan Hartawan

Reporter

Mohamad Taufik

Editor