POSKOTA.CO.ID - Bagaimana cara ambil BLT Oktober 2025 senilai Rp900.000 dari kantor pos? Simak panduan lengkap yang dibagikan dalam artikel ini.
Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) merupakan bantuan tambahan yang diberikan pemerintah kepada sejumlah masyarakat.
Menghimpun informasi yang termuat pada laman resmi Sekretaris Kabinet Republik Indonesia, BLT Kesra merupakan bagian dari stimulus ekonomi nasional yang disalurkan dengan tujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan menjaga stabilitas ekonomi nasional.
Baca Juga: Cara Cek NIK KTP Penerima BLT Rp900.000 Oktober 2025 Secara Online
Bantuan ini cair untuk periode Oktober, November, dan Desember yang disalurkan langsung sekaligus. Berbeda dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), penyaluran BLT Kesra bersifat sementara.
Maksudnya, bantuan ini hanya diberikan untuk periode yang telah ditentukan saja dan tidak diberikan rutin setiap tahun.
Bantuan senilai Rp300.000 per bulan atau Rp900.000 per tiga bulan disalurkan melalui rekening Bank Himbara dan juga kantor pos.
Baca Juga: Cek Bansos Online di cekbansos.kemensos.go.id, Cara Login dan Lihat Nama Penerima
Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tidak punya rekening BNI, BRI, BSI, ataupun Bank Mandiri, maka pencairan dilakukan lewat PT Pos Indonesia.
Lantas, bagaimana cara mencairkan BLT Kesra 2025 dari kantor pos? Berikut ini panduan yang perlu diketahui.
Cara Cairkan BLT Kesra dari Kantor Pos
Pencairan dana BLT Oktober 2025 lewat PT Pos Indonesia dilakukan dengan dua metode. Pertama, KPM menunggu surat undangan pencairan dana dari kantor pos.
Apabila pemerintah telah menyalurkan BLT Kesra ke kantor pos yang berada di domisili tempat tinggal Anda, maka KPM akan segera menerima surat undangan dari PT Pos untuk segera mencairkan dana subsidi tersebut.
Baca Juga: Guru PNS Wajib Tahu! Cek Info GTK untuk Melihat Status Pencairan Tunjangan Profesi
KPM yang sudah menerima surat undangan, maka bisa langsung datang ke kantor pos dengan membawa sejumlah persyaratan yang dibutuhkan, mulai dari KK dan KTP hingga surat untuk pencairan bantuan.
Petugas kantor pos nantinya akan melakukan verifikasi untuk menyesuaikan data penerima. Jika cocok, barulah uang gratis senilai Rp900.000 akan diberikan kepada KPM.
Adapun yang kedua, jika KPM tidak dapat surat undangan pencairan dana, maka kemungkinan bantuan akan langsung diantarkan ke rumah warga penerima manfaat.
Biasanya, KPM yang dana bantuannya langsung diantarkan ke rumah adalah mereka yang tidak mampu datang ke kantor pos, seperti lansia atau orang yang sedang sakit parah.
Cara Cek Bansos BLT Oktober 2025
Pengecekan status penerima bantuan sosial dilakukan dengan memasukan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk (KTP) peserta. Berikut ini link cek bansos Kemensos resmi dan juga cara cek nya baik dari situs maupun aplikasi.
Baca Juga: Harga Emas Dunia Turun Usai Rekor Tertinggi, Analis Masih Optimistis Menuju US$4.500 per Ons
1. Cek Nama Penerima Bantuan via Aplikasi Cek Bansos
- Unduh aplikasi Cek Bansos di Play Store (Android) atau App Store (iPhone).
- Buka aplikasi, lalu pilih menu “Cek Bansos".
- Masukkan data sesuai KTP: provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan, dan nama lengkap.
- Jawab pertanyaan verifikasi sesuai instruksi.
- Klik tombol “Cari Data".
- Jika terdaftar sebagai penerima, akan muncul informasi berikut: Nama penerima, Usia, Jenis bantuan (PKH atau BPNT), Status penerima (YA atau TIDAK), Periode pencairan.
- Jika status penerima menunjukkan “YA”, artinya bantuan sudah disetujui dan dalam proses pencairan.
2. Cek Nama Penerima Bantuan via Link Cek Bansos
- Buka browser, akses laman https://cekbansos.kemensos.go.id.
- Isi data sesuai KTP: provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan, dan nama lengkap.
- Masukkan kode captcha sesuai instruksi.
- Klik tombol “Cari Data".
- Hasil pengecekan akan menampilkan informasi yang sama seperti di aplikasi.
- Status “YA” menandakan Anda akan menerima bansos pada periode pencairan yang berlaku.